Sukses

6 Cara Agar Tidak Main Ponsel Sebelum Tidur

Beberapa cara ini ada yang cukup ekstrem, namun bisa ampuh membuat Anda tidur lelap tanpa menggunakan ponsel sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Polusi cahaya dari ponsel dan tablet sama berbahayanya bagi kesehatan seperti mengonsumsi junk food atau makanan siap saji. Hal itu diungkap dokter terkemuka di Inggris dan para ahli yang khawatir cahaya biru dari perangkat elektronik memicu epidemi kekurangan tidur. 

Hal ini juga dirasakan oleh Jamie Friedlander yang menceritakan masa sulit yang ia alami tiap malam ketika hendak tidur. Ia membagikan ceritanya bagaimana bisa menghadapi ini semua.

Jamie pun membagikan cara ampuh agar Anda bisa tidak bermain ponsel setidaknya dua jam sebelum tidur. Ada banyak manfaat yang ia rasakan.

Seperti dikutip dari laman Business Insider, Kamis (14/5/2020), berikut cara efektif tidak main ponsel saat hendak tidur:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jauhkan Ponsel dari Jangkauan

Ini sangat penting. Kebanyakan dari Anda bisa tetap main ponsel lantaran posisinya yang sangat dekat dengan tempat tidur.

Cara yang paling tepat adalah menjauhkannya. Kalau bisa letakan di atas meja yang jauh dari tempat tidur, atau bisa juga simpan di dalam lemari.

"Saya tidak akan berbohong: Beberapa hari pertama terasa sulit. Jari-jariku terasa gelisah, dan beberapa kali aku tanpa sadar meraih teleponku," ujar Jamie Friedlander.

 

3 dari 6 halaman

2. Fokus pada Perawatan Diri

Jamie Friedlander juga memberi tips agar waktu sebelum tidur jangan dihabiskan dengan menggunakan ponsel.

Namun, rawat diri Anda. Seperti mencuci muka hingga menggunakan serum serta masker wajah. Hal ini bahkan bisa mempercantik diri Anda.

"Dengan lebih banyak waktu luang sebelum tidur, saya mulai lebih fokus pada perawatan diri."

"Alih-alih menelusuri aplikasi dan mengirim pesan, saya menghabiskan 30 menit atau satu jam setiap malam untuk melakukan perawatan rambut, memutihkan gigi, dan mencoba berbagai masker wajah."

 

4 dari 6 halaman

3. Alihkan dengan Melakukan Hobi Terdahulu

"Satu malam tidak lewat begitu saja, saya tetap menjelajahi Reddit, Instagram, dan Facebook."

"Itu selalu mengganggu saya bahwa saya menghabiskan banyak waktu terbuang untuk situs web ini."

Tanpa gangguan mereka setiap malam, Jamie Friedlander kembali ke beberapa hobi favoritnya: membaca, menulis jurnal, dan menulis surat.

 

5 dari 6 halaman

4. Hapus Aplikasi Media Sosial

Ini adalah cara yang cukup dianggap ekstrem namun ada yang merasakan khasiatnya.

"Eksperimen ini membuka mata saya pada kenyataan bahwa saya menghabiskan banyak waktu di media sosial, terutama di Instagram."

"Rasanya menyegarkan untuk tidak terus-menerus melihat foto orang lain secara online, dan mencoba mendorong saya untuk menghapus aplikasi media sosial dari ponsel."

 

6 dari 6 halaman

5. Lakukan Aktivitas Padat Sehingga Mudah Lelah di Malam Hari

Cara lain yang cukup efektif adalah dengan melakukan aktivitas padat di waktu siang hari. Memang menguras tenaga.

Namun, hal ini akan membantu Anda mudah terlelap dan tidak terjaga sehingga ujung-ujungnya main ponsel juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.