Top 3: Indonesia Tak Ada di Daftar Negara Hampir Kalahkan Corona COVID-19 Terpopuler

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 14 Mei 2020, 08:35 WIB
Diperbarui 14 Mei 2020, 09:31 WIB
Jokowi Buka Raker Kementerian Perdagangan 2020
Perbesar
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia dilaporkan belum termasuk dalam daftar negara yang hampir mengalahkan Virus Corona COVID-19. Berita tentang Indonesia yang belum masuk daftar tersebut menjadi berita yang paling disorot di kanal Global Liputan6.com hari ini.

Berita populer lainnya adalah mengenai Menteri Pertahanan China, Wei Fenghe yang menghubungi Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto via telepon.

Dalam pembicaraan via telepon tersebut, Wei menyampaikan dukungan kuat China terhadap upaya Indonesia memerangi Virus Corona COVID-19. 

Berita yang jadi sorotan lainnya membahas prediksi Indonesia bebas dari Virus Corona pada bulan Juni atau Oktober yang sudah tidak berlaku. 

Prediksi itu berasal dari situs SUTD Data-Driven Innovation Lab, menurut berita tersebut. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Kamis, (14/5/2020):

2 dari 5 halaman

1. Indonesia Belum Masuk Daftar Negara Hampir Kalahkan Corona COVID-19

Jokowi Minta Kementerian Arahkan Program Dukung Penanganan Corona
Perbesar
Presiden Joko Widodo melakukan video teleconference dengan Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Presiden Jokowi menginstruksikan percepatan agenda kerja semua kementerian. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebuah situs bernama EndCoronavirus.org menampilkan grafik negara-negara yang sudah berhasil mengalahkan Virus Corona (COVID-19, negara yang sudah hampir mengalahkannya, dan negara yang masih butuh tindakan. 

Totalnya ada 32 negara yang dinilai sudah mengalahkan Virus Corona, di antaranya Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, hingga Vietnam. 

Ada pula negara yang masuk kategori hampir mengalahkan Virus Corona. Totalnya, ada 31 negara yang masuk kategori ini. Negeri jiran Malaysia, Turki, dan Jepang masuk kategori ini, tetapi tidak ada nama Indonesia.

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Menhan China Wei Fenghe Telepon Prabowo Subianto, Bahas Apa?

Dubes Kemenhan
Perbesar
Prabowo terima kunjungan Dubes China di Kemenhan, Selasa (29/10/2019). dok. Kemenhan

Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) China Wei Fenghe melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto. Wei mengatakan, China akan mendukung kuat upaya Indonesia memerangi Virus Corona COVID-19.

Dukungan itu diberikan karena China telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tegas terhadap penyakit COVID-19, dan meraih pencapaian strategis penting dalam mencegah penyebaran Virus Corona jenis baru, seperti dilansir Xinhua, Rabu (13/5/2020).

Pada 2020 merupakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia.

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Prediksi Indonesia Bebas Corona pada Juni Atau Oktober Sudah Tak Berlaku

Jokowi Pimpin Rapat Terbatas
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bulan lalu, media sempat dihebohkan dengan prediksi dari Singapura yang menyebut pandemi Virus Corona (COVID-19) di Indonesia akan berakhir pada Juni mendatang. Prediksi itu berasal dari situs SUTD Data-Driven Innovation Lab. 

SUTD merupakan singkatan dari Singapore University of Technology and Design. Peneliti SUTD berusaha melakukan predictive monitoring untuk mengetahui akhir Virus Corona di berbagai negara.

Untuk Indonesia, awalnya diprediksi hampir 100 persen pandemi Virus Corona akan selesai pada akhir Juni. Kemudian, muncul update bahwa pandemi di Indonesia baru selesai pada Oktober.

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓