Sukses

Menlu Retno Ungkap Peran Penting Swasta dalam Rantai Pasokan Medis Global

Menlu Retno Marsudi menegaskan pentingnya peran sektor swasta dalam menjamin ketersediaan rantai pasokan medis global.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi telah berpartisipasi pada pertemuan dwi-mingguan virtual Ministerial Coordination Group on COVID 19 (MCGC) bersama 10 Menteri/Wakil Menteri Luar Negeri dari Australia, Kanada, Jerman, Italia, Maroko, Peru, Singapura, Afrika Selatan, Turki, dan Inggris.

Saat membuka diskusi dengan tema "Role of Private Sector in Supply Chain", Menlu Retno menekankan pentingnya pendekatan yang inovatif dan melibatkan berbagai pemangku berkepentingan (multi stakeholders) khususnya kalangan swasta, dalam mengatasi situasi global pandemi Virus Corona COVID-19.

"Indonesia mengusulkan pembuatan suatu wadah kerja sama tukar menukar informasi yang dapat memfasilitasi kolaborasi antar sektor swasta dalam memproduksi dan mendistribusikan pasokan peralatan medis yang dibutuhkan untuk menangani pandemi," tegas Menlu Retno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Sektor Swasta

Lebih lanjut, Retno menjelaskan bahwa platform ini akan memungkinkan sektor swasta untuk berbagi informasi tentang kapasitas dan sumber daya masing-masing, sehingga membuka peluang bagi penggabungan keunggulan komparatif masing-masing perusahaan.

Inisiatif yang ditawarkan Indonesia ini merupakan wujud konkret upaya Indonesia menerjemahkan komitmen negara anggota MCGC yang berupaya meningkatkan koordinasi dan sinergi untuk mengatasi dampak Virus Corona COVID-19.

MCGC merupakan suatu kelompok kerja sama antar-negara lintas kawasan yang bertujuan memperkuat koordinasi internasional bagi penanganan pandemi COVID-19 serta mengelola dampak ekonomi sosial yang ditimbulkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.