KBRI Singapura Apresiasi Bantuan Masker KN95 dari EDB Singapura untuk Batam

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 13 Mei 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 13 Mei 2020, 10:54 WIB
Economic Development Board (EDB) Singapura memberi bantuan masker dan cairan desinfektan untuk Pemkot Batam.

Liputan6.com, Singapura - KBRI Singapura mengapresiasi Economic Development Board (EDB) Singapura dan industri rekanan di Singapura, dalam upaya bersama menanggulangi pandemi Virus Corona COVID-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya, pada acara penyerahan bantuan berupa 100.000 masker KN95 dan 5.000 liter cairan pembersih tangan siap pakai. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolik melalui video conference antara KBRI Singapura dengan EDB dan Pemkot Batam.

Dubes Ngurah Swajaya mengapresiasi EDB yang telah mengorganisir 13 perusahaan yang beroperasi di Batam untuk solidaritas mereka dalam rangka membantu para pekerja garis depan dalam penanganan COVID-19.

Dubes Ngurah Swajaya juga menambahkan bahwa Singapura dan Kepulauan Riau, khususnya Batam telah banyak melakukan berbagai kemitraan yang menguntungkan sebelumnya dan berencana untuk melakukan lebih banyak lagi kemitraan di masa depan, utamanya setelah pandemik COVID-19 berlalu.

EDB diharapkan dapat terus memberikan dukungan kepada Indonesia sehingga transisi ekonomi dapat dilakukan dengan lancar agar perekonomian dapat pulih lebih cepat dan lebih baik yang pada akhirnya akan juga membantu masyarakat kedua negara.

Wali Kota Batam, yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Batam, juga menyampaikan terima kasih kepada Singapura, yang memiliki hubungan yang sudah sangat dekat dengan Batam, dimana Singapura sejak dari awal telah cepat tanggap untuk mendukung Batam dalam mengatasi pandemik COVID-19.

2 dari 2 halaman

Hubungan Singapura dan Batam

Economic Development Board (EDB) Singapura memberi bantuan masker dan cairan desinfektan untuk Pemkot Batam.
Economic Development Board (EDB) Singapura memberi bantuan masker dan cairan desinfektan untuk Pemkot Batam. (Dok: KBRI Singapura)

Chairman EDB, Dr. Beh Swan Gin, dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa Singapura dan Batam memiliki hubungan yang lama dan sangat dekat termasuk hubungan people-to-people dan kemitraan ekonomi.

Banyak perusahaan internasional hadir di Batam dan mendapatkan manfaat dari kemitraan dengan Batam. Oleh karena itu, EDB dan semua industri rekanan maju bersama menggalang solidaritas untuk Batam. EDB berterima kasih kepada 13 perusahaan, 11 perusahaan diantaranya beroperasi secara signifikan di Batam, yang telah sepakat untuk berkontribusi mendukung Batam dalam menanggulangi pandemik COVID-19. Adapun bantuan dari EDB dan 13 perusahaan tersebut diharapkan akan tiba minggu depan di Batam dan diharapkan dapat membantu para pekerja garis depan dan petugas kesehatan di Batam.

Selain menekankan pentingnya kerja sama erat antara Singapura dan Batam, Chairman EDB juga menekankan pentingnya perencanaan terkait kerja sama ke depan yang akan dilakukan paska COVID-19 berakhir.

Diprediksi bahwa kelak akan banyak perusahaan yang berupaya untuk meragamkan rantai pasokan mereka dan mungkin memperluas kegiatan bisnisnya di Asia Tenggara. Oleh karena itu diharapkan Singapura dan Batam dapat mengejar peluang tersebut kedepannya. EDB akan terus bekerja sama dengan KBRI Singapura dan Pemkot Batam untuk memastikan dan mempromosikan Batam sebagai sektor bisnis dan perindustrian. 

Adapun acara penyerahan secara simbolik tersebut juga turut disaksikan bersama oleh perwakilan industri rekanan Singapura dan Indonesia yang turut berkontribusi dalam pemberian bantuan dimaksud antara lain Excelitas Technologies, Firmenich, Infineon, Panasonic, Batamindo Investment Cakrawala, Sembcorp Marine, Epson, Shimano, Sinar Mas Land, Toshiba, dan Yokogawa.

Lanjutkan Membaca ↓