Sukses

Emisi Karbon di India Turun untuk Pertama Kalinya Sejak 4 Dekade Terakhir

Tingkat emisi karbon di India turun untuk pertama kalinya sejak empat dekade.

Liputan6.com, New Delhi - Emisi CO2 atau emisi karbon di India telah turun untuk pertama kalinya sejak empat dekade. Hal ini terjadi bukan hanya sebagai akibat dari penguncian selama pandemi Virus Corona baru di negara itu.

Menurunnya penggunaan listrik dan persaingan dari energi terbarukan telah melemahkan permintaan akan bahan bakar fosil bahkan sebelum Virus Corona melanda, menurut analisis oleh situs web lingkungan, Carbon Brief. Demikian seperti mengutip dari laman BBC, Selasa (12/5/2020). 

Namun, kuncian nasional yang tiba-tiba pada bulan Maret itulah yang akhirnya membalikkan tren pertumbuhan emisi negara itu selama 37 tahun terakhir.

Studi ini menemukan bahwa emisi karbondioksida di India menurun hingga 15% pada bulan Maret, dan kemungkinan akan turun hingga 30% pada bulan April.

Hampir semua penurunan permintaan energi disebabkan oleh generator berbahan bakar batubara, yang menjelaskan mengapa pengurangan emisi terjadi begitu dramatis.

Pembangkit listrik tenaga batu bara juga menurun sebanyak 15% pada bulan Maret dan 31% dalam tiga minggu pertama bulan April, menurut data harian dari jaringan nasional India.

Tetapi bahkan sebelum kuncian selama pandemi Virus Corona baru yang tiba-tiba, permintaan untuk batubara sedang melemah.

Studi ini menemukan bahwa pada tahun fiskal yang berakhir Maret 2020, pengiriman batubara turun sekitar 2%. Angka ini merupakan pengurangan kecil tapi signifikan ketika ditetapkan melawan tren - peningkatan pembangkit listrik termal sebesar 7,5% per tahun dari dekade sebelumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terganti Energi Terbarukan

Konsumsi minyak di India menunjukkan pengurangan pertumbuhan permintaan yang serupa.

Konsumsi minyak turun hingga 18% di bulan Maret 2020.

Sementara itu, pasokan energi dari energi terbarukan telah meningkat sepanjang tahun dan telah bertahan sejak pandemi melanda.

Ketahanan yang ditunjukkan oleh sektor energi terbarukan dalam menghadapi penurunan permintaan yang tiba-tiba yang disebabkan oleh pandemi Virus Corona COVID-19. 

Menurut angka yang diterbitkan oleh Badan Energi Internasional (IEA) pada akhir April, penggunaan batubara dunia turun 8% pada kuartal pertama tahun ini.

Sebaliknya, tenaga angin dan matahari melihat sedikit peningkatan dalam permintaan internasional.

Alasan utama bahwa batu bara telah menerima beban terbesar dari penurunan permintaan listrik adalah bahwa biayanya lebih mahal untuk dijalankan setiap hari.

Setelah Anda memasang panel surya atau turbin angin, biaya pengoperasian sangat rendah dan, karenanya, cenderung mendapat prioritas pada jaringan listrik.

Pembangkit listrik termal - yang didukung oleh batu bara, gas atau minyak - sebaliknya, mengharuskan Anda membeli bahan bakar untuk menghasilkan daya.

Tetapi analis memperingatkan bahwa penurunan penggunaan bahan bakar fosil mungkin tidak berlangsung lama.

Mereka mengatakan ketika pandemi mereda, ada risiko bahwa emisi akan melonjak lagi ketika negara-negara berusaha untuk memulai ekonomi mereka.

3 dari 3 halaman

Energi Terbarukan di India Lebih Berpotensi

Analisis dari Carbon Brief menunjukkan ada alasan untuk berpikir India dapat melawan tren ini.

Krisis Virus Corona baru telah membawa masalah keuangan yang lama muncul di sektor batubara India ke puncaknya, dan pemerintah India sedang menyelesaikan paket bantuan yang dapat mencapai 900 miliar rupee ($ 12 miliar; £ 9,6 miliar).

Tetapi, pada saat yang sama, pemerintah berbicara untuk mendukung energi terbarukan sebagai bagian dari pemulihan.

Energi terbarukan memiliki keunggulan ekonomi di India, menawarkan listrik yang jauh lebih murah daripada batubara.

Laporan itu mengklaim bahwa kapasitas tenaga surya baru dapat berharga 2,55 rupee per kilowatt hour, sementara biaya rata-rata untuk listrik yang dihasilkan dari batubara adalah 3,38 rupee per jam.

Berinvestasi dalam energi terbarukan juga konsisten dengan Program Udara Bersih Nasional negara itu, yang diluncurkan pada 2019.

Pemerhati lingkungan berharap udara bersih dan langit cerah yang dinikmati warga India sejak terkunci akan meningkatkan tekanan publik pada pemerintah untuk membersihkan sektor listrik dan meningkatkan kualitas udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.