Top 3: Potret Baru Jupiter hingga Kata WHO Soal Merokok Obati Pasien Corona Terpopuler

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 12 Mei 2020, 09:20 WIB
Diperbarui 12 Mei 2020, 10:17 WIB
Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Perbesar
Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)

Liputan6.com, Jakarta- Respons Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada isu bahwa merokok bisa melindungi seseorang dari Virus Corona (COVID-19) rupanya mencuri perhatian khalayak.

Berita tentang penjelasan dari WHO tersebut menjadi yang paling disorot di kanal Global Liputan6.com hari ini.

Berita populer lainnya adalah mengenai potret Jupiter yang nan memukau. Gambar terbaru dari planet itupun dikatakan sebagai yang terjelas yang pernah diambil dari Bumi. 

Berita yang jadi sorotan lainnya membahas tentang Mahathir Mohamad yang mengungkap alasan sebenarnya pada kemundurannya sebagai PM Malaysia. 

Alasan kemundurannya tersebut ia sampaikan melalui video terbarunya yang dirilis melalui media sosial. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Selasa, (12/5/2020):

2 dari 5 halaman

1. Merokok Bisa Sembuhkan Sakit Virus Corona COVID-19? Ini Kata WHO

Ilustrasi asap rokok (iStock)
Perbesar
Ilustrasi asap rokok (iStock)

WHO angkat bicara terkait berita bahwa merokok bisa melindungi seseorang dari Virus Corona (COVID-19). Faktanya, perokok yang terinfeksi Virus Corona menghadapi potensi kematian yang lebih tinggi.

Dilaporkan Xinhua, Minggu (10/5/2020), WHO merespons studi yang menyebut perokok lebih kebal terhadap virus ini. WHO menyebut ada salah kaprah dalam memahami studi itu.

Ahli epidemiologi WHO Dr. Maria Van Kerkhove berkata studi itu memang meneliti prevalensi perokok di antara pasien COVID-19 di rumah sakit, tetapi studi itu tidak menyebut bahwa merokok bisa melindungi orang dari Virus Corona.

Baca selengkapnya...

 

3 dari 5 halaman

2. Potret Terbaru Jupiter Nan Memukau, Terjelas yang Pernah Diambil dari Bumi

Potret Planet Jupiter Terbaru
Perbesar
Butuh ratusan eksposur untuk mendapat gambar tajam Jupiter ini di infra merah. (Gemini Observatory)

Para astronom mendapatkan citra baru Jupiter yang luar biasa memukau, menelusuri daerah-daerah hangat yang bersembunyi di bawah puncak awan raksasa gas.

Laporan BBC yang dikutip Senin (11/5/2020) menyebut, gambar terkini Jupiter itu ditangkap secara inframerah oleh Gemini North Telescope di Hawaii. Citra ini merupakan salah satu pengamatan paling tajam dari planet yang pernah diambil dari Bumi.

Untuk mencapai resolusi tersebut, para ilmuwan menggunakan teknik yang disebut "lucky imaging", yang menghilangkan efek blur (kabur) dari atmosfer yang bergejolak di Bumi.

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Mahathir Mohamad Ungkap Alasan Sebenarnya Mundur Sebagai PM Malaysia

Mahathir Mohamad
Perbesar
Mahathir Mohamad pada hari Rabu, 9 Mei 2018, saat mendeklarasikan kemenangan oposisi yang dipimpinnya atas koalisi Barisan Nasional yang dinakhodai Najib Razak (AP Photo/Adrian Hoe)

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kembali bersuara di panggung politik negeri jiran. Ia mengungkap alasan mengapa memilih mundur dari kursi kekuasaan pada Februari lalu. 

Melaui video terbarunya, Mahathir mengungkap adanya silang pendapat terkait manuver politik Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) yang ingin meninggalkan koalisi politik Pakatan Harapan (PH). Mahathir tidak setuju, sebab PH telah membantu partainya menang pemilu. 

"Saya berpendapat bahwa gagasan supaya Partai Bersatu keluar dari Pakatan Harapan tidak punya asas yang baik. Saya disokong sepenuhnya oleh Pakatan Harapan," ujar Mahathir dalam video yang ia rilis di media sosial, seperti dikutip Senin (11/5/2020).

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓