5 Lokasi di Dunia yang Disebut Tak Memiliki Matahari Terbenam

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 11 Mei 2020, 20:10 WIB
Diperbarui 11 Mei 2020, 20:10 WIB
matahari

Liputan6.com, Oslo - Ada sejumlah lokasi di dunia yang dianggap tidak memiliki sunset atau matahari terbenam. Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang dekat dengan kutub bumi.

Fenomena ini terjadi karena Bumi dimiringkan pada porosnya sekitar 23 derajat. Di kutub, Kutub Utara dan Kutub Selatan, ini berarti bahwa matahari hanya terbit dan terbenam setahun sekali.

Fenomena ini diamati lebih dekat Kutub Utara, Lingkaran Arktik, karena memiliki permukiman manusia.

Seperti dikutip dari laman Hellotravel, Senin (11/5/2020) berikut 5 lokasi di dunia yang tidak memiliki matahari terbenam:

 

2 dari 6 halaman

1. Norwegia

Unik, Kota Kecil di Norwegia Larang Penduduknya Meninggal dan Dikubur
(Foto: TimHill/Pixabay) Ilustrasi cahaya utara.

Karena garis lintang yang begitu tinggi di Norwegia, ada variasi musiman yang besar di siang hari.

Selama bulan-bulan musim panas atau dari akhir Mei hingga akhir Juli, matahari tidak pernah sepenuhnya turun di bawah cakrawala di daerah utara Lingkaran Arktik.

Sehingga deskripsi yang tepat bagi Norwegia sebagai Land of the Midnight Sun atau Tanah Matahari Tengah Malam, karena mengalami hingga 20 jam siang hari per hari.

Jadi, jika Anda ingin mengalami siang hari yang panjang, kunjungi Norwegia Utara, di mana matahari tidak pernah terbenam.

3 dari 6 halaman

2. Islandia

Di Islandia, Bayi Dapat Tidur di Kereta Bayi Samping Trotoar
Ilustrasi bayi tidur di dalam kereta bayi di samping jalan raya dan trotoar. Foto | Instagram

Sebuah negara yang penuh dengan pemandangan indah yang bervariasi dengan kualitas udara baik di mana Anda dapat mengunjungi air terjun, gunung berapi, gletser dan geyser atau pergi berkemah dan menyelam.

Plus, Anda juga bisa menunggang kuda Islandia atau bermain olahraga golf di salah satu dari 65 lapangan golf di waktu tengah malam namun masih ada sinar Matahari.

 

4 dari 6 halaman

3. Kanada

Ilustrasi bendera Kanada (AFP/Geoff Robins)
Ilustrasi bendera Kanada (AFP/Geoff Robins)

Di Inuvik dan Northwest Territories, Kanada, ada sekitar 50 hari yang didominasi jam siang hari pada musim panas.

Memancing dan berburu, berpartisipasi dalam fitur tahunan Great Northern Arts Festival pada pertengahan Juli, bermain golf di tundra dan berpartisipasi dalam Midnight Sun Fun Run dimulai pada tengah malam pada akhir pekan.

Beberapa kegiatan ini dapat Anda nikmati saat Anda mengunjungi tempat-tempat ini di mana matahari tidak pernah terbenam.

 

5 dari 6 halaman

4. Swedia

Ilustrasi Bendera Swedia (iStockphoto via Google Images)
Ilustrasi Bendera Swedia (iStockphoto via Google Images)

Ketika berada di Swedia, Anda dapat menikmati matahari tengah malam di Stockholm, ibu kota Swedia di mana matahari terbenam sekitar tengah malam dan terbit kembali pada pukul 04.30 pagi. Stockholm sebenarnya terdiri dari 14 pulau, juga terletak di tempat Danau Malaren bergabung dengan Laut Baltik, dan dengan demikian, 30 persen dari Stockholm terdiri dari saluran air.

Skansen adalah kota Swedia lainnya, replika Swedia abad ke-19 dengan rumah-rumah tradisional, orang-orang berdagang, dan pengrajin.

Plus, Anda dapat mengunjungi Bjorkliden pada waktu malam hari namun dengan suasana siang hari.

Ketika Anda berada di Swedia, pikirkan untuk pergi hiking malam di pegunungan di Lapporten atau Taman Nasional Abisko, tepat di Lapland Swedia.

 

6 dari 6 halaman

5. Finlandia

Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Finlandia (AFP Photo)

Bermain ski, bersepeda, panjat tebing, dan hiking adalah beberapa kegiatan di mana Anda dapat bersenang-senang saat mengunjungi negara matahari tengah malam ini.

Anda dapat merencanakan liburan ke Finlandia selama Libur Nasional Musim Panas selama bulan-bulan ketika matahari tidak terbenam.

Lanjutkan Membaca ↓