Sukses

Obama Sebut Penanganan Corona COVID-19 di AS Kacau

Mantan Presiden AS Barack Obama mengecam keras penanganan pandemi virus corona di Amerika yang dilakukan oleh penerusnya, Presiden Donald Trump.

Liputan6.com, Washington DC - Mantan Presiden AS Barack Obama mengecam keras penanganan pandemi virus corona di Amerika yang dilakukan oleh penerusnya, Presiden Donald Trump.

Dalam sebuah konferensi pers pribadi, ia menyebut penanganan pandemi AS sebagai "bencana kekacauan mutlak", demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (10/5/2020).

Pernyataan itu dibuat sambil mendorong mantan stafnya untuk bekerja untuk tim pemilihan presiden Joe Biden, yang akan maju pada Pilpres AS 2020 mendatang, kata CNN.

Gedung Putih mengatakan sebagai tanggapan bahwa tindakan yang dilakukan oleh Presiden Trump untuk menangani virus corona telah "menyelamatkan nyawa orang Amerika".

Selama konferensi itu, Obama mengatakan pendekatan penerusnya dari Partai Republik terhadap pemerintah sebagian harus disalahkan atas tanggapan AS terhadap virus corona.

"Itu buruk, bahkan yang terbaik dari pemerintah," katanya seperti dikutip dalam konferensi itu. "Ini benar-benar bencana yang kacau ketika pola pikir 'apa untungnya buat saya' dan 'tak peduli dengan orang lain' dioperasionalkan dalam pemerintahan kita."

Obama juga sangat mengkritik keputusan untuk membatalkan tuntutan pidana terhadap mantan Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situasi Virus Corona di AS

Lebih dari 77.000 orang kini telah meninggal dan AS memiliki 1,2 juta kasus yang dikonfirmasi - keduanya merupakan yang tertinggi di dunia.

Banyak negara bagian memperkenalkan langkah-langkah lockdown pada bulan Maret tetapi sekarang telah mencabut pembatasan, memungkinkan orang untuk kembali bekerja.

Tetapi pejabat kesehatan memperingatkan ini dapat menyebabkan virus menyebar lebih jauh.

Pendekatan Trump terhadap pandemi telah terombang-ambing. Pada bulan Februari ia menolak ancaman itu, mengatakan itu akan hilang, tetapi pada pertengahan Maret ia mengakui tingkat keparahannya.

Pada bulan April ia menyarankan bahwa menelan disinfektan bisa menjadi pencegahan - sesuatu yang segera ditolak oleh para ahli.

Pekan lalu dia mengumumkan akan menutup gugus tugas virus corona pemerintahnya, tetapi kemudian mengatakan akan melanjutkan --dengan berfokus pada pembukaan kembali ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.