2 Hari di Antariksa, Roket Long March 5B China Mendarat Selamat di Bumi

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 08 Mei 2020, 19:25 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 19:25 WIB
FOTO: China Luncurkan Roket Luar Angkasa Long March 5B
Perbesar
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Roket ini membawa pesawat luar angkasa generasi terbaru milik China. (STR/AFP)

Liputan6.com, Beijing- Pesawat ruang angkasa prototipe baru China yaitu Roket Long March 5B, telah mendarat di Bumi pada Jumat (8/5/2020). Pesawat itu sempat dua hari berada di antariksa. 

Setelah mengalami hambatan pada bagian awal uji utama, China Manned Space Agency mengatakan, pesawat ruang angkasa tersebut tiba dengan selamat di lokasi yang telah ditentukan. Pesawat itu diluncurkan pada 5 Mei, seperti dikutip dari Channel News Asia

Pesawat ruang angkasa itu berada di orbit selama 2 hari 19 jam dan telah menyelesaikan sejumlah percobaan, kata Badan Antariksa China tersebut. Struktur kabin pesawat ruang angkasa juga telah dikonfirmasi dalam kondisi utuh. 

Kembalinya pesawat ruang angkasa yang meluncur tanpa awak itu dikatakan menandakan kemampuan pesawat dalam ketahanan seperti terhadap panas, yang memasuki atmosfer bumi menghadapi suhu tinggi. 

 

2 dari 3 halaman

Harapan untuk Misi Selanjutnya

FOTO: China Luncurkan Roket Luar Angkasa Long March 5B
Perbesar
Roket Long March 5B lepas landas dari Pusat Peluncuran Ruang Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China, Selasa (5/5/2020). Ini adalah kali pertama roket Long March 5B melancarkan misi luar angkasa. (Tu Haichao/Xinhua via AP)

Kembalinya pesawat ruang angkasa yang meluncur tanpa awak itu dikatakan menandakan kemampuan pesawat dalam ketahanan seperti terhadap panas, yang memasuki atmosfer bumi menghadapi suhu tinggi.

Pesawat ruang angkasa tersebut diharapkan suatu hari dapat membawa astronaut ke stasiun ruang angkasa yang China rencanakan akan selesai pada tahun 2022 mendatang dan akhirnya ke Bulan. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓