Sukses

Dokter yang Peringatkan Wabah Corona Diusulkan Jadi Nama Jalan Kedutaan Besar China di AS

Anggota parlemen AS mengusulkan nama Li Wenliang yang megeluarkan peringatan sebelum wabah Corona COVID-19, untuk dijadikan sebagai nama jalan di depan Kedutaan Besar China.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anggota parlemen AS mengusulkan penggantian nama jalan di depan kedutaan besar China, setelah mendiang dokter di Wuhan yang dihukum setelah memperingatkan tentang pandemi Virus Corona baru. Hal ini tentu menjadi sebuah langkah yang pasti akan membuat marah Beijing.

Melansir Channel News Asia, Jumat (8/5/2020), langkah itu akan menjadi nama baru di jalanan Washington di depan kedutaan. "Li Wenliang Plaza" diusulkan menggantikan nama "International Place" saat ini.

Li adalah salah satu dari sekelompok dokter yang berbagi postingan di media sosial pada bulan Desember, yang memperingatkan bahwa virus menyebar di Wuhan.

Dia ditegur oleh polisi dan diminta menandatangani pernyataan yang berjanji tidak akan melakukan "tindakan melanggar hukum" lagi.

Dia meninggal karena penyakit pada bulan Februari, memicu curahan kesedihan di seluruh negeri dan permintaan maaf yang langka oleh polisi atas perlakuannya.

"Kami akan memastikan nama Li Wenliang tidak pernah dilupakan - dengan menempatkannya secara permanen di luar kedutaan negara yang bertanggung jawab atas kematian yang dicoba untuk dicegah oleh Dr Li," kata Senator Tom Cotton, seorang Republikan yang dikenal karena pandangan sentimennya tentang China.

Langkah itu juga didukung oleh Senator Marco Rubio, diperkenalkan secara bersamaan di kedua Kongres.

Anggota parlemen yang sama juga pernah mengusulkan pada tahun 2014 untuk mengganti nama jalan setelah Liu Xiaobo, penulis pemenang Hadiah Nobel yang dipenjara setelah menyerukan reformasi demokratis.

China mengecam upaya itu dan proposal itu pun kalah di Dewan Perwakilan Rakyat setelah pemerintahan presiden Barack Obama mengindikasikan ia akan memveto itu demi kerja sama dengan Beijing.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

China Vs AS

Hubungan AS dengan China telah memburuk tajam sejak itu, dengan anggota parlemen dari kedua belah pihak mendukung sikap keras terhadap kekuatan Pasifik.

Pemerintahan Presiden Donald Trump telah berulangkali berupaya menyalahkan Tiongkok atas penyebaran pandemi ini, yang sejak itu menewaskan lebih dari 250.000 orang di seluruh dunia.

Para kritikus mengatakan Trump berusaha mengalihkan perhatian dari penanganan krisis di Amerika Serikat, yang sejauh ini telah mengalami jumlah kematian COVID-19 tertinggi di negara mana pun.

China bukan satu-satunya negara yang menjadi sasaran aksi simbolis semacam itu.

Dewan Kota di Washington pada tahun 2018 memberi nama sebuah blok di luar kedutaan Rusia setelah Boris Nemtsov, salah satu kritikus paling vokal Presiden Vladimir Putin, ditembak mati di Moskow pada tahun 2015.

Setelah usulan AS tentang Liu Xiaobo, beberapa orang China mengusulkan penamaan jalan di luar kedutaan besar AS di Beijing atas nama Edward Snowden, mantan kontraktor intelijen yang melarikan diri dari Amerika Serikat untuk mengungkap pemerintah yang mengintip warga negaranya.

Konsulat AS di kota India, Kolkata, markas komunis, terletak di jalan juga dinamai dengan nama revolusioner Vietnam, Ho Chi Minh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.