Sukses

Australia Bertahap Mulai Longgarkan Aturan Lockdown Corona COVID-19 di Sejumlah Wilayah

PM Morrison mengumumkan bahwa aturan lockdown akibat Virus Corona COVID-19 akan segera dilonggarkan secara perlahan.

Liputan6.com, Canberra - Australia akan segera melonggarkan pembatasan jarak sosial dalam prosesnya secara bertahap. Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan keputusannya pada hari ini, karena Canberra bertujuan untuk menghapus semua pembatasan pada bulan Juli dan membuat hampir 1 juta orang kembali bekerja di tengah penurunan kasus Virus Corona COVID-19.

Pada bulan Maret, Australia memberlakukan pembatasan sosial yang ketat, yang ditambah dengan penutupan perbatasannya untuk mencegah penyebaran virus. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Jumat (8/5/2020).

Dengan kurang dari 20 infeksi baru setiap hari, Morrison mengatakan negara bagian dan teritori Australia telah menyetujui proses pelonggaran aturan.

"Anda dapat tetap berada di bawah selimut selamanya. Anda tidak akan pernah menghadapi bahaya," kata Morrison kepada wartawan di Canberra.

"Tapi kita harus keluar dari bawah selimut pada suatu waktu."

Morrison mengatakan akan bergantung pada berbagai negara bagian dan teritori Australia untuk memutuskan kapan mulai menerapkan setiap tahap pelonggaran tersebut. Setiap langkah kemungkinan akan dipisahkan oleh transisi empat minggu.

Meskipun pelonggarannya terhuyung-huyung, Morrison memperingatkan negara itu masih harus harus berjaga-jaga atas wabah lebih lanjut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Hati-Hati

Di bawah tahap pertama dari rencana tersebut, restoran dan kafe yang saat ini terbatas pada layanan takeaway akan diizinkan untuk dibuka kembali, tetapi dengan maksimum 10 pelanggan pada suatu waktu.

"Langkah 1 tentatif, langkah dini menuju normalisasi," kata Kepala Staf Medis Australia Brendan Murphy dalam briefingnya.

Jika tidak ada wabah besar yang tercatat selanjutnya, negara bagian dan teritori akan pindah ke tahap dua di mana gedung olahraga, bioskop, dan galeri akan diizinkan untuk dibuka kembali, meskipun bisnis semacam itu hanya akan dapat memiliki 20 pelanggan sekaligus.

Pada titik ini, negara-negara yang telah menutup perbatasan mereka akan mulai mengizinkan beberapa perjalanan antar negara, kata Morrison.

Ketika diimplementasikan, tahap tiga akan mengizinkan pertemuan hingga 100 orang, memungkinkan karyawan untuk kembali ke kantor mereka dan klub malam juga akan dibuka kembali.

Semua perjalanan antar negara bagian akan diizinkan, bersama dengan beberapa perjalanan internasional terbatas, termasuk penerbangan antara Australia dan Selandia Baru.

Pelajar internasional juga berpotensi diizinkan untuk kembali ke Australia, tetapi akan diwajibkan menjalani karantina selama dua minggu.

3 dari 3 halaman

Lockdown Telan Banyak Biaya

Sementara tindakan penguncian telah berhasil mencegah melonjaknya pasien-pasien dengan COVID-19, lockdown telah mengambil menimbulkan kerugian besar di sisi ekonomi.

Menteri Keuangan Josh Frydenberg memperkirakan penguncian ini menelan biaya A $ 4 miliar (US $ 2,6 miliar) seminggu.

Bank sentral Australia juga memperkirakan negara itu menghadapi kontraksi ekonomi terbesar dalam catatan sejarah, meskipun ada janji darinya dan pemerintah sebesar A $ 320 miliar (US $ 203 miliar) untuk meredam pukulan ekonomi.

Dalam pernyataan kuartalannya, Reserve Bank of Australia memperkirakan ekonomi senilai A $ 2 triliun (US $ 1,3 triliun) akan menyusut sebesar 10 persen pada semester pertama tahun ini. Ini pun kemudian menandai terjadinya resesi pertama dalam tiga dekade.

Meskipun pemerintah mensubsidi upah sekitar 6 juta warga Australia yang membuat mereka keluar dari statistik pengangguran, sekitar 10 persen tenaga kerja negara itu juga diperkirakan tidak memiliki pekerjaan tahun ini.

Namun, Morrison mengatakan begitu proses tiga tahap dilaksanakan, pemerintahnya memperkirakan sekitar 850.000 orang akan kembali bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.