Sukses

Kerja Sama Lebih dari 40 Tahun dengan ASEAN, Uni Eropa Luncurkan Blue Book 2020

Uni Eropa dan ASEAN akan terus menjalin hubungan kerja sama antara kawasan.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja sama antara Uni Eropa dan ASEAN telah berjalan selama lebih dari 40 tahun. Kedua pihak telah berkomitmen untuk bersama-sama mengatasi tantangan global termasuk krisis kesehatan saat ini, perubahan iklim, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan(SDGs), dan perlindungan lingkungan hidup serta mempertahankan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Maka dari itu, sebagai tanda kerja samanya, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Bapak Igor Driesmans pun meluncurkan EU-ASEAN Blue Book 2020. 

Blue Book merupakan satu bentuk publikasi tahunan Uni Eropa mengenai kerjasama dengan ASEAN. 

EU-ASEAN Blue Book tahun ini mengusung tema "Natural Partners" (Kemitraan Alami) yang mencerminkan hubungan yang semakin kuat antara Uni Eropa dan ASEAN, di mana telah menjadi dua blok regional yang paling maju di dunia.

Peluncuran publikasi ini merupakan bagian dari perayaan Hari Eropa pada tahun ini.

Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN, Igor Driesmans, mengatakan: “Pada Hari Eropa, kami merayakan pencapaian kerjasama regional kami di Uni Eropa dan bersama dengan mitra kami. Walau saat ini kita menghadapi keadaan sulit, saya bersyukur dapat merayakan Hari Eropa bersama dengan mitra kami di ASEAN dalam suasana maya.

"Dalam mengatasi tantangan global yang kita hadapi, kebersamaan sangatlah penting. Kami berharap dapat terus melanjutkan dialog Uni Eropa dengan ASEAN dan memperkuat kerjasama kami yang sejalan dengan European Green Deal (Kesepakatan Hijau Eropa) untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan mengatasi pandemi Virus Corona baru di kawasan ini," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Dapat Membuka Kesempatan bagi Banyak Orang di Kawasan

Igor Driesmans juga berharap bahwa dengan terciptanya buku ini, akan ada lebih banyak kesempatan lagi yang terbuka bagi masyarakat di kedua kawasan.

“Kami berharap bahwa penciptaan situs web 'EU in ASEAN' kami yang baru membuka kesempatan pada setiap orang di kawasan ASEAN untuk mendapatkan informasi dengan mudah mengenai kerjasama dan kemitraan yang kuat antara Uni Eropa dengan ASEAN,” kata Duta Besar Driesmans.

Bersamaan dengan peluncuran maya Blue Book dan situs web terkait, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN juga akan mengadakan diskusi daring dengan para pemuda-pemudi ASEAN pada tanggal 9 Mei mengenai hubungan Uni Eropa-ASEAN. Acara ini sebagai bagian dari perayaan Hari Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.