Sukses

Kim Jong-un Kirim Pesan Kedua ke Presiden Xi Jinping, Apa Isinya?

Kim Jong-un telah mengirim pesan verbal kepada Presiden China, Xi Jinping.

Liputan6.com, Jakarta- Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengirim pesan verbal kepada Presiden China Xi Jinping. Pesan itu berisikan pujian pada keberhasilan Beijing dalam membendung penyebaran Virus Corona COVID-19. 

Menurut Media Pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency, Jumat (8/5/2020), dalam pesan itu Kim Jong-un memberikan selamat kepada Presiden Xi Jinping, dan sangat menghargai bahwa ia mengambil kesempatan kemenangan dalam perang melawan epidemi yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Kim Jong-un juga berharap, kesehatan Presiden Xi Jinping baik-baik saja dan menyatakan keyakinannya bahwa Partai Komunis China dan orang-orang akan menyatukan keberhasilan yang telah dicapai sejauh ini, mengembangkannya, serta dengan demikian memenangkan kemenangan akhir di bawah bimbingan bijaksana Presiden Xi Jinping. 

Namun, laporan mengatakan bahwa tidak ada waktu dan cara bagaimana pesan tersebut telah disampaikan kepada Presiden Xi Jinping.

Terkait dengan Virus Corona COVID-19, pesan itu adalah yang kedua kalinya dikirim Kim Jong-un kepada Presiden Xi Jinping. 

Kim Jong-un pada akhir Januari, menyampaikan dukungan dan dana bantuan untuk Beijing menangani Virus Corona COVID-19 yang telah menyebar dengan cepat ke negara tetangga, seperti dikutip dari Yonhap News Agency. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendapat dari Ahli

Menurut para ahli, mereka melihat pesan terbaru yang dikirim Kim Jong-un itu sebagai bagaimana ia mengkonfirmasi kembali hubungan kuat dengan Presiden Xi Jinping, di depan kemungkinan dimulainya kembali perdagangan dan pertukaran antar warga setelah pembatasan karena pandemi global.

Yang Moo-jin, yang merupakan seorang profesor di University of North Korean Studies, mengatakan "Setelah memberikan bantuan (ke China) awal tahun ini, (pesan terbaru) tampaknya ditujukan untuk mengkonfirmasi kembali hubungan kerja sama berdasarkan kepercayaan di antara para pemimpin mereka." 

Selain itu, pesan tersebut Yang Moo-jin katakan tampaknya membawa tanda untuk dimulainya kembali kerja sama di berbagai bidang, termasuk sektor politik, ekonomi dan diplomatik, dengan harapan bahwa ancaman virus korona kemungkinan akan berkurang cepat atau lambat. 

Setelah kunjungan Presiden Xi Jinping untuk pertemuan puncak dengan Kim Jong-un pada Juni 2019, Korea Utara dan China telah membanggakan hubungan kuat mereka.

Kunjungan yang dilakukan oleh Presiden Xi Jinping tersebut juga merupakan kunjungan pertama oleh kepala negara China ke Korea Utara dalam 14 tahun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.