Sukses

Kim Jong-un dapat Medali Perang Dunia II dari Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan medali peringatan perang Dunia II kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Liputan6.com, Pyongyang - Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan medali peringatan 75 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

Medali itu diberikan kepada Kim Jong-un karena telah berperan menjaga memori tentara Uni Soviet yang tewas di wilayah Korea Utara, kata kedutaan Rusia di Pyongyang, seperti dilansir AP, Selasa (6/5/2020).

Kim Jong-un dianggap memiliki kontribusi besar merawat makam dan situs peringatan tentara Uni Soviet yang gugur. 

Kantor berita Rusia TASS melaporkan ada 1.375 tentara Uni Soviet yang dimakamkan di Korea Utara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Masker

Duta Besar Rusia di Korea Utara, Alexander Matsegora, menyerahkan medali itu kepada Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Son-gwon. Kim Jong-un yang dikabarkan jatuh sakit, tidak menghadiri upacara tersebut.

Foto-foto penyerahan medali itu di Pyongyang menunjukkan para pejabat Rusia dan Korea Utara mengenakan masker, meskipun fakta bahwa Korea Utara sejauh ini belum melaporkan satu kasus Virus Corona jenis baru.

Pada 2019, Rusia mengundang Kim Jong-un mengunjungi Moskow pada 9 Mei dan menghadiri parade militer yang menandai peringatan 75 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman. Kim Jong-un hadir setelah sempat menolak undangan serupa pada 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.