Sukses

1 Juta Lebih Warga Hong Kong Pesan CuMask+, Masker Gratis Cegah Virus Corona

Ada lebih dari 100.000 warga Hongkong yang mengajukan permintaan masker gratis dari pemerintah dalam satu jam pertama pembukaan pendaftaran online.

Liputan6.com, Hong Kong- Lebih dari 1 juta warga Hong Kong memesan masker CuMask+ yang dapat digunakan kembali secara gratis dari pemerintah. Pemesanan dilakukan melalui pendaftaran online yang dibuka pada Rabu (6/5/2020).

Sekretaris Inovasi dan Teknologi Hong Kong, Alfred Sit Wing-hang mengatakan, pada pukul 15.00 waktu setempat, ada 1,38 juta pemesan, dengan waktu tunggu mulai dari satu hingga dua menit. "Sistem beroperasi dengan baik. Saya mengakses halaman dan beberapa rekan saya juga menyelesaikan pendaftaran," kata Sit.

Dalam sebuah siaran radio, Sit Wing-hang menyampaikan, dalam satu jam terakhir ia dan rekan-rekannya telah membantu sekitar 50.000 pengaju untuk menyelesaikan pendaftaran, dan lebih dari 100.000 orang secara total telah mendaftar untuk medapatkan masker. 

CuMask+ merupakan masker menggunakan teknologi yang dikembangkan industri tekstil Hong Kong dan telah meraih penghargaan. Masker ini dapat menekan penularan Virus Corona dan bisa dicuci hingga 60 kali.

Masker dengan harga HK $40 (Rp. 77.875), masker itu diberikan secara gratis kepada 7,3 juta penduduk kota, seperti dikutip dari South China Morning Post.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker Ramah Lingkungan

Sit Wing-hang menyebut masker yang dibagaikan secara gratis itu adalah masker yang ramah lingkungan, sambil mengatakan bahwa warga Hong Kong membutuhkannya dengan para ahli kesehatan yang mengingatkan ancaman Virus Corona COVID-19 tidak akan hilang selama beberapa bulan. 

Halaman web pengaju masker gratis secara online itu menerima lebih dari 60.000 pengguna yang antre untuk mendaftar dalam lima menit pertama, dan pukul 7.33 pagi jumlah orang yang menunggu telah melewati 110.000, menurut beberapa pengujian dari Post. 

Pengisian formulir pendaftaran tersedia untuk maksimal 6 orang, yang terdiri dari pengaju itu sendiri dan lima orang lainnya.

Sedangkan pendaftaran untuk warga Hong kong yang tinggal di luar negeri dimulai pada 13 Mei.

Mereka bisa mendapatkan masker dari kantor pos setelah 6 Juni, dengan menunjukkan kartu identitas Hong Kong jika tidak dapat mendaftar secara online. 

Sit Wing-hang juga meminta warga yang mengajukan masker gratis itu agar mendaftar untuk anggota keluarga mereka dan membantu mengumpulkan masker untuk lansia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.