Sukses

8 Hal yang Bisa Terjadi Jika Vaksin Corona COVID-19 Tak Ditemukan

Para ilmuwan sedang mencari Vaksin Corona (COVID-19). Berikut 8 hal yang akan terjadi jika vaksin itu tak ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya membuat vaksin Virus Corona (COVID-19) sedang dikejar berbagai negara. Vaksin menjadi kunci agar kehidupan bisa sepenuhnya normal dari pandemi ini.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menebar janji bahwa sebelum akhir tahun, vaksin sudah tersedia. Namun, vaksin diperkirakan baru ada pada tahun depan.

Baru-baru ini, Inggris juga bertekad menjadi pemimpin dalam pencarian vaksin Corona. Inggris turut menggandeng banyak negara dalam upaya mencari vaksin ini, mulai dari Jepang, Norwegia, hingga Arab Saudi.

Universitas Oxford juga sudah mulai menguji vaksin Corona mereka pada manusia. Peneliti Oxford sangat optimistis vaksin mereka akan sukses.

Namun, ilmuwan turut mempertimbangkan skenario terburuk, yakni jika vaksin tidak pernah ditemukan.

Bila demikian apa yang terjadi? Berikut 8 kemungkinannya seperti dilaporkan CNN, Selasa (5/5/2020):

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Tes Virus Corona akan jadi bagian hidup yang tak bisa dipisahkan. Begitu pula contact tracing.

3 dari 9 halaman

2. Isolasi atau Lockdown menjadi kebiasaan baru dalam melawan COVID-19 di dunia. Jika vaksin tak ditemukan, isolasi mendadak bisa terjadi banyak negara.

4 dari 9 halaman

3. Ada obat, tapi wabah tetap ada. Berbagai negara memakai obat eksisting yang dianggap mampu melawan Virus Corona seperti Avigan, Hydroxychloroquine, dan Remdesivir.

5 dari 9 halaman

4. Penyakit HIV yang belum memiliki vaksin bisa jadi pelajaran. Obat seperti PrEp berhasil meredam gejala HIV. Pengetahuan publik terkait HIV juga sudah meningkat.

6 dari 9 halaman

5. Olahraga tim seperti sepak bola bisa kembali berlanjut, asalkan para pemain tes Virus Corona COVID-19 secara rutin.

7 dari 9 halaman

6. Kondisi bisnis restoran sangat terdampak pandemi Corona COVID-19. Mereka dapat kembali aktif jika virus reda dengan menerapkan social distancing, tetapi selama virus ini masih ada, mereka harus siap-siap tutup jika ada lonjakan kasus.

8 dari 9 halaman

7. Sistem kesehatan yang kuat menjadi tameng jika tak ada vaksin Virus Corona COVID-19. Negara yang lebih miskin diprediksi lebih kesulitan menghadapinya jika tak ada vaksin.

9 dari 9 halaman

8. Herd Immunity masih menjadi pembahasan, namun ditentang banyak negara karena sangat berbahaya. Pakar menyebut vaksin tetap lebih baik ketimbang herd immunity.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.