Sukses

Selain Manusia, Deretan Hewan Ini Pernah Dipilih Jadi Pejabat

Berikut adalah deretan kisah mengenai beberapa hewan yang pernah dipilih untuk menjadi pejabat seperti manusia.

Liputan6.com, Jakarta- Dalam beberapa abad terakhir, selain manusia, sejumlah hewan seperti anjing, kambing, badak, bagal, dan lainnya ternyata pernah mencalonkan diri sebagai pejabat dan beberapa benar-benar menjabat.

Salah satunya adalah seekor kambing yang bernama Ioiô. Pada tahun 1920-an, penduduk di Fortaleza, Brasil, memutuskan seekor kambing tersebut akan membuat dewan kota yang jauh lebih baik daripada kandidat manusia yang diberikan kepada mereka.

Meskipun kambing itu bukan kandidat resmi, diceritakan banyak pemilih menulis nama Ioiô di kertas suara mereka. Sayangnya, suara untuk Ioiô dianggap tidak dapat diterima.

Selain Ioiô, seekor simpanse bernama Macaco Tiao juga pernah mempunyai pengalaman dipilih untuk menjabat seperti manusia. Seekor simpanse yang juga berasal dari Brasil itu dikatakan sangat pemarah dan tinggal di Kebun Binatang Rio de Janeiro dari tahun 1963 hingga 1996.

Namun Macaco sangat dicintai oleh staf dan pengunjung. Pada tahun 1988, ketenarannya meroket ketika Partai Pisang Brasil memasukan simpanse tersebut sebagai kandidat walikota Rio de Janeiro. Macaco menerima 400.000 suara dan berada di posisi ketiga, seperti dikutip dari Mental Floss, Selasa (5/5/2020). 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisah Pemilihan Pejabat Pada Kucing dan Anjing

Penduduk Kota Barnaul di Siberia diceritakan mulai lelah dengan kandidat wali kota mereka setelah serangkaian kasus korupsi besar-besaran. Pada tahun 2015, penduduk tersebut memutuskan untuk memilih seekor kucing yang bernama Barsik untuk menjabat.

Kucing tersebut memenangkan 91,2 persen dari 5.400 suara yang diberikan. Walaupun suara protes itu sukses besar, Barsik tidak terdaftar sebagai calon walikota dan karenanya kucing itu tidak dapat menjabat.

Selain Barsik, pada tahun 2019 di kota Fair Haven, Vermont, Amerika Serikat, seekor kambing Nubia berusia 3 tahun bernama Lincoln menjadi walikota hewan peliharaan kehormatan pertama. Tetapi pada Januari 2020, Lincoln berada dalam pertempuran yang menegangkan untuk memenangkan pemilihan kembali.

Dua kandidat yang bertarung adalah Sammy, yang berusia 6 tahun merupakan seekor anjing German Shepherd yang diselamatkan lalu Murfee, yang berusia 3 tahun merupakan seekor anjing Spaniel yang memiliki sertifikat terapi. Setelah pemilihan pada tanggal 3 Maret, Murfee dinyatakan sebagai pemenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.