6-5-1942: Pasukan AS Menyerah Tanpa Syarat Kepada Jepang di Filipina

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 06 Mei 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi tentara AS (AP PHOTO)
Perbesar
Ilustrasi tentara AS (AP PHOTO)

Liputan6.com, Jakarta- Pada 6 Mei 1942, Jonathan Wainwright, Letnan Jenderal Amerika Serikat, menyerahkan semua pasukan negaranya di Filipina kepada Jepang.

Setelah kemenangan Jepang di Bataan, pulau Corregidor tetap menjadi benteng Sekutu terakhir di Filipina. Meskipun berhasil menenggelamkan banyak kapal tongkang Jepang ketika mendekati pantai utara di pulau itu, pasukan Sekutu tidak dapat lagi menahan penyerbu.

Jenderal Wainwright, yang baru naik pangkat menjadi letnan jenderal dan komandan angkatan bersenjata Amerika Serikat di Filipina, menawarkan untuk menyerahkan Corregidor kepada Jenderal Jepang, Homma.

Homma menginginkan kapitulasi lengkap dan tanpa syarat dari semua pasukan Amerika di seluruh Filipina, seperti dikutip dari History.com, Selasa, (5/5/2020).

2 dari 3 halaman

Menyerah pada Tengah Malam

Hari Thanksgiving, Trump Tengok Tentara AS di Afghanistan
Perbesar
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara kepada anggota militer saat mengunjungi Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, Kamis (28/11/2019). Kunjungan dadakan Trump pada hari Thanksgiving tersebut mengejutkan pasukan AS yang bertugas di Afghanistan. (AP Photo/Alex Brandon)

Jonathan Wainwright tidak punya banyak pilihan mengingat kondisi fisik pasukannya yang buruk dan dirinya sudah kehilangan 800 prajurit. Pada tengah malam, Wainwright menyerah. Semua 11.500 tentara Sekutu yang selamat dievakuasi ke benteng penjara di Manila.

Hinggal 1945, Jenderal Wainwright tetap menjadi POW. Pada 2 September 1945, Wainwright hadir di USS Missouri untuk upacara penyerahan resmi Jepang. Selain itu, ia juga akan dianugerahi Medali Kehormatan Kongres oleh Presiden Harry S. Truman. Pada tahun 1953, Wainwright meninggal dunia, tepatnya delapan tahun sebelum upacara penyerahan Jepang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓