Sukses

Mendag Inggris Lengser Akibat Mengancam Warga

Mendag Inggris Conor Burns mundur akibat menyalahgunakan wewenang.

Liputan6.com, London - Menteri Perdagangan Inggris Conor Burns mundur dari jabatan menteri karena ketahuan mengancam seorang warga memakai jabatannya. Ancaman itu terkait kepentingan pribadi.

Dilaporkan BBC, Senin (5/4/2020), Komisioner Standar di Parlemen Inggris berkata Conor Burns mengancam demi memuluskan masalah utang terkait bapaknya. Conor Burns adalah orang dekat Perdana Menteri Boris Johnson.

Berdasarkan laporan di situs resmi parlemen Inggris, Conor Burns berusaha agar utang ayahnya dibayar dengan cara mengancam akan membawa kasus ini ke parlemen agar menjadi ramai.

Masalah lainnya adalah surat ancaman itu ditulis dalam surat resmi parlemen.

Komisioner di parlemen berkata surat yang ditulis Conor Burns sepenuhnya terkait situasi finansial pribadi dan bukan dikirim untuk mendukung tugasnya di parlemen.

"(Burns) mendahulukan kepentingan pribadi sebelum kepentingan publik dengan menyiratkan bahwa ia akan mengambil untung dari jabatan publiknya untuk menyelesaikan masalah finansial ayahnya," jelas pihak komisioner.

Tindakan Conor Burns dipandang buruk karena memberikan citra bahwa anggota parlemen Inggris bisa dan siap memakai privilese yang mereka punya untuk mengejar kepentingan pribadi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyesal

Conor Burns telah meminta maaf. Ia berkata seharusnya tidak menulis dengan cara seperti itu, apalagi memakai perangkat parlemen.

Jabatan Menteri Perdagangan dipegang oleh Burns sejak Juli 2019.

Kantor Perdana Menteri Inggris berkata akan mencari Menteri Perdagangan baru menggantikan posisi Conor Burns.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.