Sukses

Epidemi Virus Corona COVID-19 Berisiko Kembali Bangkit di China

Warga tetap diminta mewaspadai risiko bangkitnya kembali pandemi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kasus terkonfirmasi Virus Corona COVID-19 di China turun selama 11 hari berturut-turut. Namun, warga tetap diminta mewaspadai risiko bangkitnya kembali pandemi Virus Corona jenis baru itu.

China Daratan melaporkan 12 kasus terkonfirmasi COVID-19 tanpa gejala pada Sabtu 2 Mei, sekaligus menjadi angka terendah sejak laporan kasus terkonfirmasi Virus Corona jenis baru harian menyertakan angka ini, ungkap juru bicara Komisi Kesehatan Nasional China Mi Feng di Beijing.

Meski demikian, jelas Mi, 10 wilayah setingkat provinsi melaporkan kasus Virus Corona

COVID-19 yang ditularkan secara lokal atau tanpa gejala dalam 14 hari terakhir, yang menyoroti risiko kebangkitan kembali dan bahkan penyebaran penyakit tersebut masih ada.

"Kita harus tetap waspada, serta menjadikan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit ini sebagai bagian dari agenda kerja rutin kita sembari meningkatkan upaya untuk melanjutkan kembali proses produksi dan kehidupan sehari-hari," kata Mi, seperti dilansir Xinhua, Senin (4/5/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Murid di China Pakai Topi Physical Distancing

Anak-anak sekolah di China timur tidak perlu bertanya-tanya seberapa jauh jarak yang harus mereka jaga dari teman-teman setelah kembali bersekolah, setelah sebelumnya belajar di rumah akibat pandemi Corona COVID-19. 

Topi lebar dan bersayap yang mereka kenakan akan secara otomatis menjaga mereka untuk tetap melakukan physical distancing. Demikian seperti dikutip dari Cnet, Jumat (1/5/2020). 

Ketika kehidupan perlahan-lahan kembali normal di beberapa bagian China, Yangzheng Elementary School di Hangzhou meminta siswa merancang topi yang berukuran 1 meter (3,2 kaki) sebagai pelajaran dalam praktik keselamatan Virus Corona COVID-19. Semua topi memiliki dua sayap di sisi kanan dan kiri, meskipun anak-anak menambahkan gaya kreatif mereka sendiri. 

Beberapa dari mereka membuat lipatan panjang dari tabung karton berwarna-warni, yang lain dari balon. 

Beberapa anak kreatif lainnya menghias topi mereka dengan bentuk burung, dedaunan dan pelangi. Atau pun ada juga yang menambahkan mahkota di atas topi yang menutupi kepalanya, sementara yang lain menambahkan mata pada topi ciptaannya yang berwarna merah cerah. 

"Kami menganjurkan siswa mengenakan topi dan menjaga jarak satu meter," surat kabar Zhejiang Daily mengutip Kepala Sekolah Hong Feng yang mengatakan ketika anak-anak kembali ke sekolah minggu ini untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan. 

3 dari 3 halaman

Mirip Topi Milik Dinasti Song

Seiring dengan mengajarkan para siswa tentang jarak sosial, topi di kepala mereka juga memberi anak-anak pelajaran sejarah. Pasalnya, topi-topi itu mirip dengan yang dikenakan pada Dinasti Song, yang memerintah Tiongkok antara 960 dan 1279.

"Bulu horisontal panjang pada tutup kepala pada Dinasti Song seharusnya untuk mencegah para pejabat dari berkonspirasi bersuara satu sama lain sementara di pengadilan - jadi jarak sosial sebenarnya jadi fungsi asli mereka," tulis Eileen Chengyin Chow, seorang profesor Universitas Asia dan Timur Tengah Duke studi di Twitter. 

Topi-topi itu awalnya terbuat dari bambu dan logam, tidak semanis yang muncul di ruang kelas minggu ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.