Sukses

Skenario Dunia Tanpa Vaksin Corona COVID-19, Becermin dari HIV dan Campak

Seandainya vaksin virus corona tak pernah ditemukan. Umat manusia perlu becermin dari krisis HIV dan Campak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika negara-negara terkapar dalam lockdown dan miliaran orang kehilangan mata pencaharian mereka, tokoh-tokoh publik mengungkap terobosan yang akan menandai akhir dari pandemi virus corona: vaksin.

Tetapi ada kemungkinan lain, kemungkinan terburuk: tidak ada vaksin yang pernah dikembangkan. Dalam hasil ini, harapan publik berulang kali dinaikkan dan kemudian pupus, karena berbagai solusi yang diajukan jatuh sebelum itu bisa berhasil.

Alih-alih memusnahkan virus corona, masyarakat mungkin harus belajar untuk hidup dengannya. Kota-kota perlahan-lahan akan terbuka dan beberapa kebebasan akan dikembalikan, tetapi hanya jika rekomendasi para ahli dipatuhi (seperti menggunakan masker dan menjaga jarak sosial).

Pengujian dan penelusuran akan menjadi bagian dari kehidupan kita dalam jangka pendek, tetapi di banyak negara, instruksi tiba-tiba untuk mengisolasi diri bisa datang kapan saja. Perawatan mungkin dikembangkan --tetapi wabah penyakit masih dapat terjadi setiap tahun, dan jumlah kematian global akan terus meningkat.

Ini adalah jalan yang jarang dihadang oleh politikus, yang berbicara secara optimis tentang uji coba manusia yang sudah dilakukan untuk menemukan vaksin. Tetapi kemungkinan terburuk adalah vaksin itu tidak akan ada sama sekali.

Dan hal itu ditanggapi dengan sangat serius oleh banyak ahli --karena itu pernah terjadi sebelumnya. Beberapa kali.

"Ada beberapa virus yang kita masih tidak memiliki vaksin untuk melawan," kata Dr David Nabarro, seorang profesor kesehatan global di Imperial College London, yang juga berfungsi sebagai utusan khusus untuk WHO untuk pandemi COVID-19, melansir CNN, Minggu (3/5/2020).

Puluhan perawat yang menangani pasien virus Corona (COVID-19) berdemo di luar sebuah rumah sakit di New York, Amerika Serikat (AS)(2/4/2020). Di kota ini pasien corona nyaris 100 ribu dengan 2.300 orang meninggal dunia. (AP/Bebeto Matthews)

"Kami tidak dapat membuat asumsi absolut bahwa vaksin akan muncul sama sekali, atau jika itu muncul, apakah itu akan lulus semua tes kemanjuran dan keamanan."

"Sangat penting bahwa semua masyarakat di mana pun berada dalam posisi di mana mereka dapat bertahan melawan virus corona sebagai ancaman konstan, dan untuk dapat menjalani kehidupan sosial dan aktivitas ekonomi dengan virus di tengah-tengah kita," kata Nabarro kepada CNN.

Sebagian besar ahli tetap yakin bahwa vaksin virus corona pada akhirnya akan dikembangkan; sebagian karena, tidak seperti penyakit sebelumnya seperti HIV dan malaria, virus corona tidak bermutasi dengan cepat.

Banyak orang, termasuk direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, Dr. Anthony Fauci, menyarankan itu bisa terjadi dalam satu tahun hingga 18 bulan. Tokoh-tokoh lain, seperti Kepala Petugas Medis Inggris Chris Whitty, telah berbelok ke arah yang lebih jauh dari spektrum, menunjukkan bahwa satu tahun mungkin terlalu cepat.

Tetapi bahkan jika vaksin virus corona dikembangkan, membuahkan hasil dalam jangka waktu mana pun akan menjadi prestasi yang belum pernah dicapai sebelumnya.

"Kami tidak pernah mempercepat vaksin dalam satu tahun hingga 18 bulan," kata Dr. Peter Hotez, dekan Fakultas Kedokteran Tropis Nasional di Baylor College of Medicine di Houston, kepada CNN. "Itu tidak berarti itu tidak mungkin, tetapi itu akan menjadi pencapaian yang heroik."

"Kita perlu rencana A, dan rencana B," katanya.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Becermin dari HIV: Ketika Vaksin Tak Berguna

Beberapa dekade sebelum pandemi virus corona, pada tahun 1984, Menteri Kesehatan dan Kemanusiaan AS, Margaret Heckler mengumumkan pada konferensi pers di Washington DC, bahwa para ilmuwan telah berhasil mengidentifikasi virus yang kemudian dikenal sebagai HIV --dan memperkirakan bahwa vaksin pencegahan akan siap untuk pengujian di dua tahun.

Hampir empat dekade dan 32 juta kematian kemudian, dunia masih menunggu vaksin HIV.Alih-alih sebuah terobosan, klaim Heckler diikuti oleh hilangnya sebagian besar generasi lelaki gay dan pengucilan menyakitkan komunitas mereka di negara-negara Barat.

Selama bertahun-tahun, diagnosis positif bukan hanya hukuman mati; itu memastikan seseorang akan menghabiskan bulan-bulan terakhir mereka ditinggalkan oleh komunitas mereka, sementara dokter berdebat dalam jurnal medis apakah pasien HIV bahkan layak diselamatkan.

Pencarian vaksin tidak berakhir pada 1980-an. Pada tahun 1997, Presiden Bill Clinton menantang AS untuk membuat vaksin dalam satu dekade. Empat belas tahun yang lalu, para ilmuwan mengatakan akan merampungkannya sekitar 10 tahun lagi.

10 tahun berlalu dan vaksin untuk HIV tak kunjung ada.

Kesulitan dalam menemukan vaksin dimulai dengan sifat HIV/AIDS itu sendiri.

"Influenza dapat mengubah dirinya dari satu tahun ke tahun berikutnya sehingga infeksi alami atau imunisasi pada tahun sebelumnya tidak menginfeksi Anda pada tahun berikutnya. HIV melakukannya selama satu infeksi tunggal," jelas Paul Offit, seorang dokter anak dan spesialis penyakit menular yang ikut menciptakan vaksin rotavirus.

"Itu terus bermutasi di dalam kamu, jadi itu seperti kamu terinfeksi dengan seribu helai HIV yang berbeda," kata Offit kepada CNN. "(Dan) ketika sedang bermutasi, itu juga melumpuhkan sistem kekebalan tubuhmu."

Sepasang suami istri berjalan di sebuah pasar di Barcelona, Spanyol, Rabu (29/4/2020). Pandemi virus corona COVID-19 mengakibatkan tingkat pengangguran Spanyol naik menjadi 14,4 persen pada kuartal pertama 2020. (AP Photo/Emilio Morenatti)

HIV memiliki kesulitan yang sangat unik dan virus corona COVID-19 tidak memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, membuat para ahli umumnya lebih optimis untuk menemukan vaksin.

Tetapi ada penyakit lain yang telah mengacaukan harapan ilmuwan dan tubuh manusia. Vaksin yang efektif untuk demam berdarah, yang menginfeksi sebanyak 400.000 orang per tahun menurut WHO, telah dihindari dokter selama beberapa dekade. Pada 2017, upaya besar-besaran untuk menemukan satu ditangguhkan setelah vaksin yang dimaksud ternyata memperburuk gejala penyakit.

Demikian pula, sangat sulit untuk mengembangkan vaksin untuk rhinovirus dan adenovirus yang umum - yang, seperti virus corona, dapat menyebabkan gejala flu. Hanya ada satu vaksin untuk mencegah dua jenis adenovirus, dan tidak tersedia secara komersial.

"Anda memiliki harapan tinggi, dan kemudian harapan Anda pupus," kata Nabarro, menggambarkan proses lambat dan menyakitkan dalam mengembangkan vaksin.

"Kita berurusan dengan sistem biologis, kita tidak berurusan dengan sistem mekanis. Itu sangat tergantung pada bagaimana tubuh bereaksi."

Uji coba manusia sudah dilakukan di Universitas Oxford di Inggris untuk vaksin virus corona yang dibuat dari virus simpanse, dan di AS untuk vaksin yang berbeda, diproduksi oleh Moderna.

Namun, itu adalah proses pengujian --bukan pengembangan-- yang bertahan dan sering menghambat produksi vaksin, tambah Hotez, yang bekerja pada vaksin untuk melindungi terhadap SARS. "Bagian yang sulit menunjukkan Anda dapat membuktikan bahwa itu berhasil dan aman."

3 dari 5 halaman

Becermin dari HIV: Pengobatan Medis 'Alternatif'

Jika nasib yang sama menimpa vaksin virus corona, virus itu akan tetap bersama kita selama bertahun-tahun. Tetapi tanggapan medis terhadap HIV/AIDS masih menyediakan kerangka kerja untuk hidup dengan penyakit yang tidak dapat kita hilangkan.

"Dalam HIV, kami dapat membuat itu menjadi penyakit kronis dengan antivirus. Kami telah melakukan apa yang selalu kami harapkan untuk dilakukan dengan kanker,” kata Paul Offit. "Itu bukan hukuman mati seperti pada 1980-an."

Pengembangan terobosan pil pencegahan harian --Pre-exposure prophylaxis atau PrEP-- telah menyebabkan ratusan ribu orang yang berisiko tertular HIV dilindungi dari penyakit ini.

Sejumlah perawatan juga sedang diuji untuk COVID-19, karena para ilmuwan memburu Plan B secara paralel dengan uji coba vaksin yang sedang berlangsung, tetapi semua uji coba itu masih dalam tahap yang sangat awal.

Para ilmuwan sedang melihat remdesivir atau obat anti-Ebola eksperimental sebagai alternatif pengobatan, sementara perawatan plasma darah juga sedang dieksplorasi.

Hydroxychloroquine, disebut-sebut sebagai "pengubah permainan" potensial oleh Presiden AS Donald Trump, telah ditemukan tidak bekerja pada pasien yang sangat sakit.

"Obat-obatan yang mereka pilih adalah kandidat terbaik," kata Keith Neal, Profesor Emeritus dalam Epidemiologi Penyakit Menular di Universitas Nottingham. Masalahnya, katanya, telah menjadi "pendekatan sedikit demi sedikit" untuk menguji mereka.

Warga melakukan social distancing atau menjaga jarak saat mengantre untuk memasuki toko di Barcelona, Spanyol, Selasa (17/3/2020). Social distancing adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (AP Photo/Emilio Morenatti)

"Kami harus melakukan uji coba terkontrol secara acak. Sungguh konyol bahwa baru-baru ini kami berhasil melakukannya," Neal, yang meninjau tes tersebut untuk dimasukkan dalam jurnal medis, mengatakan kepada CNN.

"Penelitian-penelitian yang harus saya lihat --saya hanya menolak mereka dengan alasan bahwa mereka tidak dilakukan dengan benar."

Sekarang uji coba yang lebih lengkap itu gagal, dan jika salah satu dari obat itu bekerja untuk virus corona, tanda-tanda itu akan muncul "dalam beberapa minggu," kata Neal.

Yang pertama mungkin sudah tiba; Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan kepada CNN bahwa mereka sedang dalam pembicaraan untuk membuat remdesivir tersedia bagi pasien setelah tanda-tanda positif itu dapat mempercepat pemulihan dari virus corona.

Efek dari pengobatan yang berhasil akan dirasakan secara luas; jika suatu obat dapat mengurangi waktu rata-rata pasien yang dihabiskan di ICU bahkan dalam beberapa hari, itu akan membebaskan kapasitas rumah sakit dan karenanya dapat sangat meningkatkan kemauan pemerintah untuk membuka masyarakat.

Tetapi seberapa efektif pengobatan tergantung pada mana yang bekerja --remdesivir tidak tersedia secara internasional dan upaya peningkatan produksi akan menyebabkan masalah.

Dan yang terpenting, pengobatan apa pun tidak akan mencegah infeksi yang terjadi di masyarakat --yang berarti virus corona akan lebih mudah dikelola dan pandemi akan mereda, tetapi penyakit ini bisa bersama kita bertahun-tahun ke depan.

4 dari 5 halaman

Skenario Hidup Tanpa Vaksin Usai Pandemi Corona

Jika vaksin virus corona tidak dapat diproduksi, kehidupan tidak akan tetap seperti sekarang. Mungkin saja tidak cepat kembali normal.

"Lockdown tidak berkelanjutan secara ekonomi, dan mungkin tidak secara politis," kata Neal. "Jadi kita perlu hal lain untuk mengendalikannya."

Itu berarti bahwa, ketika negara-negara mulai merayap keluar dari lockdown mereka, para ahli akan mendorong pemerintah untuk menerapkan cara hidup dan interaksi baru yang canggung untuk mengulur waktu dunia dalam hitungan bulan, tahun, atau dekade hingga vaksin virus corona baru yang efektif muncul.

"Sangat penting untuk bekerja agar (kita) siap COVID-19," kata Nabarro. Dia menyerukan "kontrak sosial" baru di mana warga di setiap negara, sementara mulai menjalani kehidupan normal mereka, mengambil tanggung jawab pribadi untuk mengisolasi diri jika mereka menunjukkan gejala atau bersentuhan dengan kasus COVID-19 yang potensial.

Ini berarti budaya menghilangkan batuk atau gejala pilek ringan dan berjalan dengan susah payah harus berakhir. Para ahli juga memperkirakan perubahan permanen dalam sikap terhadap pekerjaan jarak jauh, dengan bekerja dari rumah, setidaknya pada beberapa hari, menjadi cara hidup standar bagi karyawan kerah putih. Perusahaan diharapkan menggeser rutinitas sehingga kantor tidak pernah penuh dalam satu waktu.

"Itu (harus) menjadi cara berperilaku yang kita semua anggap sebagai tanggung jawab pribadi ... memperlakukan mereka yang terisolasi sebagai pahlawan daripada paria," kata Nabarro.

"Ini merupakan pakta sosial kolektif untuk bertahan hidup dan kesejahteraan dalam menghadapi ancaman virus," lanjutnya.

"(Tapi) ini akan sulit dilakukan di negara-negara miskin," tambahnya, sehingga menemukan cara untuk mendukung negara-negara berkembang akan menjadi "sangat rumit secara politik, tetapi juga sangat penting."

Dia mengutip tempat-tempat penampungan pengungsi dan migran yang padat sebagai area yang sangat memprihatinkan.

Relawan memasukkan peti mati berisi jenazah korban COVID-19 ke dalam van untuk dimakamkan, di halaman parkir Central Jamis Mosque Ghamkol Sharif di Birmingham, Inggris pada 24 April 2020. Masjid itu mengubah tempat parkirnya menjadi kamar mayat sementara untuk korban virus corona. (AP/Matt Dunham)

Dalam jangka pendek, Nabarro mengatakan program besar pengujian dan pelacakan kontak (contact tracing) perlu diimplementasikan untuk memungkinkan kehidupan yang fungsional di tengah COVID-19 yak takkan pernah hilang.

"Sangat kritis akan memiliki sistem kesehatan masyarakat yang mencakup pelacakan kontak, diagnosis di tempat kerja, pemantauan untuk pengawasan sindrom, komunikasi awal tentang apakah kita harus menerapkan kembali jarak sosial," tambah Hotez. "Itu bisa dilakukan, tetapi rumit dan kita benar-benar belum pernah melakukannya sebelumnya."

Sistem-sistem itu dapat memungkinkan interaksi sosial kembali. "Jika transmisi berlangsung minimal, memang mungkin untuk membuka kembali acara olahraga" dan pertemuan besar lainnya, kata Hotez --tetapi langkah seperti itu tidak akan permanen dan akan terus dievaluasi oleh pemerintah dan badan kesehatan masyarakat.

Itu berarti Liga Premier, NFL, dan acara-acara massa; lainnya dapat berjalan sesuai jadwal mereka selama para atlet diuji secara teratur, dan menyambut para penggemar selama berminggu-minggu pada suatu waktu --mungkin duduk di tribun terpisah-- sebelum dengan cepat menutup stadion jika ancaman meningkat.

"Bar dan pub mungkin yang terakhir dalam daftar, karena mereka penuh sesak," saran Neal. "Mereka bisa dibuka kembali sebagai restoran dengan jarak sosial."

Beberapa negara Eropa telah mengisyaratkan mereka akan mulai mengizinkan restoran untuk melayani pelanggan dengan kapasitas yang jauh lebih sedikit dari masa pra-COVID-19.

Pembatasan kemungkinan besar akan kembali selama musim dingin, dengan Hotez menyarankan bahwa puncak COVID-19 dapat terjadi setiap musim dingin sampai vaksin diperkenalkan.

Dan kebijakan lockdown, banyak di antaranya sedang dalam proses diangkat secara bertahap, dapat kembali kapan saja. "Dari waktu ke waktu akan ada wabah, gerakan akan dibatasi --dan itu mungkin berlaku untuk bagian-bagian suatu negara, atau bahkan mungkin berlaku untuk seluruh negara," kata Nabarro.

5 dari 5 halaman

Becermin dari Campak: Prospek Herd Immunity

Semakin lama waktu berlalu, prospek kekebalan kelompok (herd immunity) yang diperdebatkan dengan panas mungkin bisa dilakukan dan tercapai ketika mayoritas populasi tertentu, sekitar 70% hingga 90%, menjadi kebal terhadap penyakit menular seperti virus corona.

"Itu sampai batas tertentu bisa menekan penyebaran," kata Offit, "meskipun herd immunity yang disebabkan oleh infeksi alami bukan cara terbaik untuk memberikan kekebalan total. Cara terbaik adalah (tetap) dengan vaksin."

Campak adalah "contoh sempurna," kata Offit. Sebelum vaksin menyebar, "setiap tahun 2 hingga 3 juta orang akan terkena campak, dan itu juga berlaku di tengah kondisi ini."

Dengan kata lain, jumlah kematian dan penderita COVID-19 akan sangat besar bahkan jika sebagian besar populasi tidak rentan.

Semua prediksi ini dipengaruhi oleh keyakinan umum bahwa suatu vaksin pada akhirnya akan dikembangkan. "Saya pikir akan ada vaksin --ada banyak uang yang akan keluar, ada banyak minat, dan targetnya jelas," kata Offit.

Tetapi jika wabah sebelumnya telah membuktikan sesuatu, perburuan vaksin tidak dapat diprediksi. "Saya rasa, vaksin apa pun tidak dikembangkan dengan cepat," Offit memperingatkan. "Aku akan benar-benar kagum jika kita memiliki sesuatu dalam 18 bulan."

 

Catatan redaksi: Artikel ini melansir dan menerjemahkan berita CNN Health dengan judul "What happens if a coronavirus vaccine is never developed? It has happened before" oleh Rob Picheta yang dipublikasikan pada 3 Mei 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.