Sukses

Pandemi Corona COVID-19, Semarak Hari Buruh Dunia di 4 Negara Ini Terasa Beda

Rutinitas yang dilakukan para pekerja pada setiap 1 Mei tak bisa diselenggarakan pada tahun ini. Empat negara ini pun akhirnya merasakaan semarak perayaan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei setiap tahunnya akan terasa berbeda sepenuhnya kali ini.

Pandemi Virus Corona COVID-19 membuat para pemerintah di banyak negara secara tegas mengeluarkan larangan acara atau perkumpulan untuk memperingati perayaan Hari Buruh Sedunia.

Biasanya, para pekerja ataupun buruh di seluruh dunia akan berkumpul di tempat tujuannya masing-masing untuk menyuarakan hak-hak mereka yang belum terpenuhi.

Menurut berbagai sumber, berikut adalah semarak perayaan yang berbeda terjadi di 4 negara ketika peringatan Hari Buruh Internasional tiba:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hong Kong

Para pengunjuk rasa demokrasi di Hong Kong berencana mengadakan beberapa aksi unjuk rasa pada Jumat malam, menentang pembatasan pertemuan selama pandemi Virus Corona COVID-19 karena kemarahan terhadap Beijing yang dihidupkan kembali.

Menurut laporan AFP, Jumat (1/5/2020), pusat keuangan semi-otonom itu dibungkam oleh protes keras yang berlangsung selama tujuh bulan tahun lalu.

Pandemi dan jarak sosial, bagaimanapun, mengantarkan ketenangan komparatif yang berlangsung selama empat bulan. Tetapi sejumlah aksi protes kecil telah menggelegak dalam minggu terakhir dan aktivis berharap untuk menggunakan Hari Buruh untuk mengumpulkan dukungan sekali lagi.

Serikat pekerja pro-demokrasi dan pos media sosial telah menyerukan agar orang-orang meneriakkan slogan-slogan di lingkungan mereka pada Jumat sore, kendati ada larangan lebih dari empat orang berkumpul di tempat-tempat umum yang bertujuan menghentikan virus.

Permohonan serikat pekerja untuk mengadakan pawai tradisional di Hong Kong ditolak oleh pihak berwenang.

Tapi pengunjuk rasa semakin kreatif.

Selama demonstrasi singkat di mal awal pekan ini, para aktivis saling mendorong satu sama lain untuk menjaga jarak 1,5 meter dan tetap berpegang pada kelompok kecil beranggotakan empat orang.

Polisi anti huru hara dengan cepat mencegat aksi tersebut, memaksa mereka untuk membubarkan diri sebagai perkumpulan yang tidak sah atau pertemuan yang melanggar langkah-langkah pencegahan penyebaran virus. 

"Saya pikir pemerintah menggunakan langkah-langkah anti-epidemi untuk menekan orang-orang dan gerakan massa," ujar John Li, seorang pekerja keuangan berusia 33 tahun saat ikut dalam aksi protes di sebuah mal pada hari Rabu.

 

3 dari 5 halaman

2. Malaysia

Hari ini, para pekerja Malaysia merayakan Hari Buruh sementara masih ada dalam periode perintah kontrol gerakan (MCO), dengan suasana baru yang ditimbulkan oleh tantangan yang muncul dari pandemi COVID-19.

Menurut laporan Malay Mail, tidak ada pertemuan yang direncanakan oleh pemerintah federal atau negara bagian untuk merayakan hari itu, dan ini adalah bagian dari normal baru yang harus dijalani orang Malaysia.

Hari Buruh tahun ini adalah unik karena telah meningkatkan semangat karyawan untuk memberikan yang terbaik kepada negara, secara langsung atau tidak langsung, terutama para frontliner yang telah bekerja keras tanpa lelah untuk memutus rantai infeksi.

Tidak ketinggalan juga adalah para pekerja yang telah kehilangan pekerjaan mereka selama pandemi, seperti yang ada di sektor pariwisata, sementara pedagang kecil masih diizinkan untuk beroperasi, tetapi dalam batas-batas MCO.

4 dari 5 halaman

3. Islandia

Untuk pertama kalinya sejak 1923, pekerja Islandia tidak akan berkumpul pada 1 Mei untuk merayakan prestasi mereka dan menekankan tuntutan mereka. 

Melansir laman Grapevine, sebagai gantinya, siaran khusus hiburan dan protes akan ditayangkan di TV secara langsung. Acara bersejarah ini akan tayang pada pukul 19:40 di stasiun radio RÚV .

Beberapa musisi, penghibur, dan pembicara motivasi akan hadir, termasuk Bubbi Morthens, Jói P og Króli, dan Au performingur tampil bersama Ellen Kristján.

Selain itu, marching band Lúðrasveit akan bermain seperti halnya setiap tahun, membuat acara hari itu sama ikoniknya seperti sebelumnya.

Hari Buruh Internasional, juga dikenal sebagai Hari Buruh, adalah masalah besar bagi banyak orang Islandia. Akibatnya, membatalkan acara itu sama sekali tidak berarti. Program dan acara ini bisa dilaksanakan atas dukungan organisasi-organisasi berikut: ASÍ, BHM, BSRB dan KÍ.

5 dari 5 halaman

4. Kamboja

Pemerintah meminta semua karyawan untuk merayakan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei di rumah mereka, di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Peringatan itu datang karena perayaan Hari Buruh biasanya disambut dengan protes dan pertemuan serikat pekerja.

Dilansir dari Khmertimeskh, dalam arahan yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Hun Sen kemarin, ia mengatakan Hari Buruh tahun ini menandai perayaan tahunan liburan ke-134 dan bertema "Pekerjaan Damai dan Layak".

Dikatakan pemerintah, melalui inisiatif Kementerian Tenaga Kerja, menyerukan kepada publik untuk menghabiskan liburan tahunan mereka di rumah alih-alih menghabiskannya di luar.

Hun Sen mengakui tantangan yang dibawa oleh pandemi COVID-19, terutama dalam ekonomi global.

Hun Sen menambahkan pembayaran pajak juga telah ditangguhkan untuk pabrik-pabrik garmen yang telah menghentikan operasi sementara. Pekerja mereka yang terkena dampak akan diberikan 60 persen dari upah mereka untuk mengimbangi kurangnya pekerjaan.

Pemerintah, kata perdana menteri, juga mendesak pembayaran pinjaman, bunga, sewa, dan utilitas dihapuskan selama pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.