Helikopter NATO Milik Kanada Hilang di Perairan Yunani, Upaya Pencarian Masih Berlangsung

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 30 Apr 2020, 08:30 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 12:14 WIB
ilustrasi bendera Kanada.
Perbesar
ilustrasi bendera Kanada. (iStockphoto)

Liputan6.com, Ottawa - Sebuah helikopter militer Kanada yang beroperasi sebagai bagian dari pasukan pengintai NATO telah hilang di perairan internasional antara Yunani dan Italia.

Helikopter itu melekat pada fregat Kanada, Fredericton, dari tempat helikopter itu berangkat. Demikian seperti dikutip dari laman Straits Times, Kamis (30/4/2020). 

"Ada situasi yang berkembang mengenai salah satu helikopter Siklon CH-148 kami, yang dikerahkan di atas kapal HMCS FREDERICTON, yang saat ini berkontribusi pada Op REASSURANCE," kata angkatan bersenjata Kanada melalui sebuah pernyataan. 

“Kontak hilang dengan pesawat karena berpartisipasi dalam latihan Sekutu di lepas pantai Yunani. Upaya pencarian dan penyelamatan saat ini sedang berlangsung," tambahnya. 

Laporan awal mengatakan helikopter itu berada 50 mil laut dari Pulau Kefalonia, Yunani.

2 dari 2 halaman

Upaya Pencarian

Bendera negara
Perbesar
Bendera negara Kanada

Fregat Italia, Yunani dan Turki juga mengambil bagian dalam patroli yang telah pindah dari Yunani ke perairan Italia pada hari Rabu, dengan fregat Yunani yang tersisa di perairan Yunani. 

Angkatan laut dan udara Yunani siap membantu dalam operasi penyelamatan "jika Italia memintanya", menurut salah satu sumber militer.

Seorang juru bicara untuk Markas Besar Sekutu Eropa (SHAPE), yang merencanakan dan melaksanakan semua operasi NATO, menambahkan: “Saya mengkonfirmasi ada insiden yang melibatkan helikopter dari sebuah kapal di bawah komando NATO. 

"Saat ini ada operasi pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan dan pemberitahuan nasional sedang berlangsung," lanjutnya. 

 

Lanjutkan Membaca ↓