Sukses

Australia Optimistis Mampu Longgarkan Aturan Terkait Corona COVID-19

Pelonggaran peraturan pergerakan warga telah dilakukan di sejumlah negara bagian, seperti di Australia Barat dan Queensland.

Canberra - Australia optimistis dalam waktu dekat kehidupan masyarakat akan seperti sedia kala. Hal ini disampaikan Perdana Menteri Australia Scott Morrison yang mengatakan bahwa negaranya 'tidak terlalu jauh' dari pembatasan terkait Virus Corona.

PM Morrison juga menyampaikan bahwa Australia sudah berada di jalan yang tepat guna menuju situasi ekonomi yang aman dari COVID-19, demikian dikutip dari laman ABC Indonesia, Kamis (30/4/2020).

"Anda sudah menyaksikan apa yang terjadi di beberapa negara bagian," kata Morrison.

Pelonggaran peraturan pergerakan warga telah dilakukan di sejumlah negara bagian, seperti di Australia Barat dan Queensland.

Ia juga sekali lagi menyampaikan salah satu alat yang membantu untuk segera mengakhiri sejumlah aturan ketat terkait corona adalah aplikasi pelacakan COVIDSafe, yang menurutnya sudah diunduh hampir 3 juta kali.

"Saya ingin menyamakannya seperti fakta bahwa jika kita ingin berada di luar saat matahari bersinar terik, kita harus menggunakan krim dengan tabir surya."

"Jika Anda ingin kembali ke kondisi ekonomi dan sosial dengan lebih bebas, sangat penting bagi kami untuk melihat peningkatan angka pengunduhan aplikasi COVIDSafe."

Aplikasi ini menggunakan teknologi Bluetooth untuk membaca lokasi atau "saling berjabat tangan secara digital" dengan pengguna yang lain dalam radius 1,5 meter, untuk kemudian riwayat kontak-kontak ini dicatat dan dienskripsi.

Data-data ini akan berada di telepon genggam milik pengguna selama 21 hari, dan akan dihapus jika mereka tidak melakukan kontak dengan kasus COVID-19 yang terkonfirmasi.

PM Australia itu mengakui adanya sejumlah aturan aktivitas yang masih tidak bisa ditawar untuk sementara waktu.

Tapi ia mengatakan telah ada pembicaraan dengan Pemerintah Selandia Baru untuk mengizinkan warga Australia melakukan perjalanan ke sana.

"Saya tidak melihat perjalanan internasional akan terjadi di waktu dekat ini, risikonya sangat jelas," kata PM Morrison.

"Satu-satunya pengecualian dalam perjalanan internasionalmungkin dengan Selandia Baru, dan kami telah mendiskusikannya."

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Virus Corona di Selandia Baru

Di Selandia Baru, pada Selasa kemarin menjadi hari pertama pelonggaran aturan 'lockdown'.

Banyak warga Selandia Baru, termasuk asal Indonesia, berbondong-bondong mendatangi restoran cepat saji di berbagai kota yang sebelumnya ditutup.

Menurut Zacharia Najoan, yang akrab dipanggil Ririe, kunci kesuksesan Selandia Baru adalah warganya yang saling menjaga jarak dan menghormati satu sama lain.

"Menurut saya … kalau semua warga disiplin dan nurut, pasti akan berhasil," ujarnya.

Di Australia, PM Morrison mengatakan masih kecil kemungkinan untuk memperbolehkan masyarakat bisa pergi dan menonton tim olahraga favorit mereka dalam waktu dekat ini.

"Saya menantikan saatnya kita bisa menonton, apakah itu AFL, netball, NRL, atau olah raga apapun yang kita dukung, dan bisa menontonnya bersama lagi"

Tapi saya belum bisa melihat kemungkinan bisa pergi bersama-sama menonton pertandingan untuk beberapa waktu ini."

Tapi PM Morrison mengatakan kemungkinan rumah-rumah ibadah akan kembali dibuka bagi "mereka yang membutuhkan berdoa sendirian', setelah terjadi perubahan aturan.

Sejumlah aturan akan dipertimbangkan kembali oleh Kabinet Nasional bulan depan, tambah PM Morrison.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.