Sukses

Bayi Corona hingga Lockdown Lahir di Tengah Pandemi COVID-19

Lahir di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, bayi-bayi ini diberinama yang mengingatkan dengan momen penyebaran Virus SARS-CoV-2.

Liputan6.com, Manila - Sejumlah orangtua memberi nama bayi yang baru lahir di masa pandemi Virus Corona COVID-19 terkait virus tersebut. Pertama-tama ada Corona Kumar, kemudian Covid Marie.

Mereka sepertinya tak terganggu oleh prospek anak-anak mereka yang selamanya dikaitkan dengan pandemi mematikan itu.

Ketika Colline Tabesa melahirkan bayi perempuan yang sehat di Bacolod, Filipina tengah pada 13 April, ia dan ayah bayi itu, John Tupas memutuskan untuk mengingat momen pandemi dengan menunjukkan rasa syukur.

"COVID-19 ini telah menyebabkan penderitaan besar di seluruh dunia," kata Tupa yang berusia 23 tahun, mengungkapkan kelegaan setelah persalinan lancar seperti dikutip dari AFP, Rabu (29/4/2020).

"Saya ingin namanya mengingatkan kita bahwa COVID-19 tidak hanya membuat kita menderita. Meskipun semua ini, berkat datang kepada kita," tambahnya.

Jadi mereka menamai sang buah hati dengan Covid Marie.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bayi Lockdown

Beberapa minggu sebelumnya, dua ibu di India tenggara memiliki ide yang sama, yang tampaknya didorong oleh seorang dokter di rumah sakit tempat bayi mereka dilahirkan.

Satu di antaranya disebut Corona Kumar dan lainnya Corona Kumari.

"Saya mengatakan kepada mereka bahwa ini akan membantu menciptakan kesadaran tentang penyakit dan menghilangkan stigma di sekitarnya," kata SF Basha, sang dokter.

"Yang mengejutkan saya, mereka setuju."

Tidak mau kalah, pasangan pekerja migran di timur laut India yang terdampar ribuan kilometer dari rumah mereka di negara bagian Rajasthan memutuskan untuk menamai anak mereka Lockdown.

"Kami menamainya Lockdown, mengingat semua masalah yang harus kami hadapi selama masa sulit ini," laporan media setempat mengutip ayah Sanjay Bauri.

Tupas, ayah dari bayi Covid Marie, mengatakan bahwa meskipun ia telah dikritik di media sosial karena pilihannya yang tidak lazim, hal itu tak memengaruhinya.

"Dia mungkin mengalami bullying, tapi aku hanya akan mengajari putriku untuk menjadi orang yang baik," katanya. "Kami tidak berpikir dua kali."

3 dari 3 halaman

Bayi Corona hingga Sanitiser

Belum lama ini, pasangan orangtua di Uttar Pradesh, India memberikan nama unik bagi bayi laki-laki mereka yang baru lahir di tengah pandemi COVID-19.

Bayi yang lahir di distrik Saharanpur itu diberi nama Sanitiser oleh kedua orangtuanya. Sang ayah, Omveer mengatakan, nama yang diberikannya pada putranya itu karena pentingnya penggunaan cairan pembersih tersebut di masa pandemi COVID-19 ini.

Belum lama ini, bayi kembar di Dr BR Ambedkar Memorial Hospital yang lahir tanggal 27 Maret 2020 diberinama Corona dan Covid.

Dikutip dari NDTV, Preeti Verma yang tinggal di Puranti Basi pun membagikan momen ketika dirinya melahirkan si kembar.

“Persalinan terjadi setelah menghadapi beberapa kesulitan dan oleh karena itu suami saya dan saya ingin menjadikan hari itu berkesan," ucapnya dikutip dari Sky News. Oleh sebab itu, bayi kembar Preeti Verma diberi nama Corona dan Covid.

Alasan Preeti Verma bersama sang suami memberikan nama Corona dan Covid karena persalinan yang dialami wanita India ini memang di tengah situasi sulit. India harus menghadapi virus Corona Covid-19 dan juga di tengah keputusan lockdown negara.

"Memang virus itu berbahaya dan mengancam jiwa tetapi wabahnya membuat orang fokus pada sanitasi, kebersihan, dan menanamkan kebiasaan baik lainnya. Jadi, kami memikirkan nama-nama ini," lanjut Preeti Verma.

Penamaan bayi dengan nama unik itu juga terjadi di Fillipina. Bayi tersebut diberi nama Covid Bryant. Pada tanggal 17 Maret 2020, pemilik akun Twitter @ninacayosa memosting twit terkait nama seorang bayi yang berhubungan dengan istilah covid.

Dari keterangan yang dituliskannya, Covid Bryant merupakan anak perempuan yang dilahirkan pada tanggal 15 Maret 2020, bertepatan dengan pemerintah setempat mulai mengisolasi Kota Manila.

"Membaca pesan, di mana anak seorang pelayan melahirkan pada 15 Maret (tepat saat lockdown dimulai) dan kalian tidak pernah menduga mereka memberi nama anak lahir di Covid Bryant," tulis pemilik akun @ninacayosa pada laman Twitternya.

Di Indonesia juga beredar kabar nama unik bayi yang lahir di tengah pandemi Corona. Namanya Vairus Abdul Covid. Potret nama bayi tersebut diunggah di Twitter @fauzanalfi. Menurut unggahannya, bayi tersebut merupakan anak dari Bapak Yana dan Ibu Siti yang lahir pada tanggal 28 Maret 2020.

Seorang bayi laki-laki yang lahir pada Senin 30 Maret 2020 di desa Khukhundu Distrik Deoria dinamai 'Lockdown' oleh orangtuanya. Anak itu menghirup napas pertamanya di tengah pandemi Virus Corona COVID-19.

29 Maret lalu, seorang bayi perempuan di India juga diberinama Corona. Sang paman, bernama Nitesh Tripathi mengatakan bahwa ia memutuskan untuk memberikan nama itu setelah dunia diramaikan dengan pemberitaan Virus Corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.