Sukses

Indahnya Wonsan, Kawasan Wisata yang Diduga Jadi Lokasi Keberadaan Kim Jong-un

Tak banyak orang tahu seputar Wonsan. Lokasi yang diklaim oleh pihak Korea Selatan menjadi tempat keberadaan Kim Jong-un saat ini.

Liputan6.com, Wonsan - Penasihat presiden Korea Selatan mengungkap, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un masih hidup. Dia kini berada di daerah Wonsan.

"Kim Jong-un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," ujar Chung-in.

Pernyataan penasihat dari Moon Jae-in tersebut menjawab banyak pertanyaan dari warga dunia yang menganggap Kim Jong-un telah meninggal, demikian dikutip dari laman Bussines Insider.

Tak banyak orang tahu seputar Wonsan. Lokasi yang diklaim oleh pihak Korea Selatan menjadi tempat keberadaan Kim Jong-un saat ini.

Otoritas Korea Utara telah menjadikan Wonsan sebagai kawasan pariwisata internasional. Lokasinya ada di Kumgang, provinsi Kangwon, demikian dikutip dari laman koreakonsult, Selasa (28/4/2020).

Kawasan pantai timur Korea Utara ini kini berubah. Dari pasar ikan menjadi lokasi wisata. Zona wisata internasional meliputi area Wonsan, Resor Ski Masikryong, Air Terjun Ullim, Kuil Sokwang, Thongchon dan Mt. Kumgang.

Wonsan adalah kota pelabuhan dan pangkalan angkatan laut di pantai paling barat Laut Jepang (Laut Korea Timur).

Wonsan dibuka sebagai pelabuhan dagang pada tahun 1880. Nama aslinya adalah Wŏnsanjin, tetapi juga dikenal dengan nama Rusia Port Lazarev, di bawah pemerintahan Jepang (1910–1945) bernama Gensan.

Populasi kota ini diperkirakan mencapai 331.000 pada tahun 2000 yang menjadikannya kota terbesar ke-5 di Korea Utara.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keindahan Wonsan

Pantai Sijung hanyalah salah satu dari sejumlah pantai yang tenang di Korea Utara. Tempat ini pernah menjadi daerah retret liburan yang terkenal selama dinasti Ri.

Anggota keluarga kerajaan datang ke distrik danau ini untuk bersantai. Pantai Sijung berjarak setengah jalan antara Gunung Wonsan dan Gunung Kumgan, berjarak 1,5 jam berkendara dari Pulau Wonsan. Anda bisa berenang jika cuaca memungkinkan.

Selain itu ada pula danau Sijung. Ini adalah salah satu laguna yang terletak di Kabupaten Thongchon.

Danau dan laut dibelah oleh jalan raya. Ada pusat perawatan medis terkenal yang menawarkan tempat mandi, marina, tempat memancing.

Sementara itu, lokasi tak kalah menarik adalah air terjun Ullim. Ini adalah salah satu air terjun terkenal di Korea. Air terjun ini berasal dari rentang Masik Pass, dengan volume air 20 hingga 25 meter kubik per detik.

Air terjun itu jatuh menabrak batu dan terbagi menjadi pantulan kembar di ketinggian 45 meter, membuat suara gemuruh bergema sejauh empat kilometer di sekitarnya.

Itulah mengapa air terjun ini disebut "Ullim" atau "gema" dalam bahasa Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.