Sukses

Kondisi Kian Panas, AS Tuding China Bikin Alat Uji Virus Corona COVID-19 Palsu

Penasehat perdagangan AS menuding bahwa China memproduksi alat uji Virus Corona COVID-19 palsu.

Liputan6.com, Washington - Penasihat Perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro menuduh China, dengan mengatakan bahwa mereka mengirim alat pengujian antibodi Virus Corona COVID-19 berkualitas rendah dan bahkan palsu ke Amerika Serikat guna "mengambil keuntungan" dari pandemi.

Melansir Wtvbam, Selasa (28/4/2020), Navarro merupakan seorang kritikus diketahui kerap bersikap blak-blakan terhadap Beijing, yang ditunjuk oleh Presiden Donald Trump untuk menangani masalah jalur pasokan yang berkaitan dengan krisis kesehatan. Selain itu, ia juga mengatakan lebih banyak pengujian terhadap virus dan antibodi itu penting untuk membuat orang Amerika saat ini dalam keadaan terkunci bisa kembali bekerja.

"Di situlah, mungkin, kita dapat menemukan orang-orang yang kebal, yang dapat berada di tempat kerja di lingkungan yang lebih aman. Tapi kita tidak bisa memiliki China, misalnya, membawa tes palsu karena itu akan sangat mengganggu," kata Navarro.

"Ada banyak tes antibodi yang datang dari Tiongkok sekarang yang berkualitas rendah, pembacaan yang salah dan hal-hal seperti itu."

Amerika Serikat sangat bergantung pada China terutama untuk masalah peralatan dasar dan obat-obatan, walaupun keduanya sering saling lempar tudingan selama pandemi terjadi. 

Tak hanya menuding tentang peralatan palsu, Navarro juga menuduh China telah menyebarkan virus ke seluruh dunia setelah "mereka menyembunyikannya selama enam minggu."

"Mereka bisa menyimpannya di Wuhan," katanya. 

"Mereka tidak melakukannya. Mereka menyemai dunia dengan ini, dengan ratusan ribu orang China naik pesawat ke Milan, ke New York dan tempat-tempat lain."

China pun kemudian telah menolak tuduhan AS, termasuk dari Sekretaris Negara AS Mike Pompeo, yang menutupi wabah itu, dan pada hari Senin juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying mengatakan di Twitter bahwa Pompeo harus "berhenti bermain permainan politik. Lebih baik menghemat energi untuk menyelamatkan jiwa."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuduhan Terus Dilemparkan

Pada hari Sabtu, kementerian perdagangan China mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan persyaratan bahwa sejumlah produk perawatan virus utama harus mendapatkan persetujuan pengaturan domestik sebelum diekspor, selama mereka disetujui di negara-negara pengimpor. 

Kemudian pada hari Senin, Navarro menuduh bahwa selama waktu menunda pelaporan, China "menyedot debu dunia untuk peralatan pelindung pribadi" yang dibutuhkan oleh petugas kesehatan. "Dan hari ini, pencatutan China pada dasarnya dari situasi ini," tambahnya.

Seminggu yang lalu, Navarro menuduh bahwa China mungkin menahan data tentang infeksi virus corona dini karena ingin memenangkan perlombaan komersial untuk membuat vaksin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.