Sukses

Pandemi Corona COVID-19 Kian Ganas, AS-China Saling Lempar Tuduhan Konspirasi

Baik China maupun AS, keduanya saling lempar tuduhan terkait konspirasi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Dari tahap awal munculnya pandemi Virus Corona COVID-19, teori konspirasi tentang asal-usul dan skala penyakit tersebar di platform online.

Di antara ini adalah klaim palsu bahwa virus itu merupakan bagian dari "program senjata biologi rahasia" China, dan klaim tak berdasar bahwa tim mata-mata Kanada-China telah mengirim Virus Corona baru ini ke Wuhan.

Klaim bahwa virus itu buatan manusia telah didorong oleh banyak kelompok konspirasi di Facebook, mengaburkan akun Twitter dan bahkan menemukan jalannya ke TV pemerintah Rusia yang ternama.

Dan berbulan-bulan menuju meledaknya pandemi, tidak hanya teori-teori ini tidak hilang, tetapi klaim baru dan tidak diverifikasi telah dipromosikan oleh pejabat pemerintah, politisi senior dan outlet media di China maupun AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuduhan dari China

Zhao Lijian, juru bicara kementerian luar negeri China, telah berulang kali mempromosikan gagasan tanpa bukti bahwa COVID-19 mungkin berasal dari AS.

Pada 12 Maret, dia mengatakan dalam akun Twitternya bahwa mungkin tentara AS yang membawa virus ke Wuhan.

Sehari kemudian, ia menulis lagi di Twitternya sebuah artikel oleh situs web Global Research yang berjudul "Bukti lebih lanjut bahwa virus itu berasal dari AS", dan mendesak pengguna untuk membaca dan membagikannya. Artikel itu kemudian telah dihapus.

Harian Tiongkok The Global Times menggemakan sentimen Zhao. 

Sementara menekankan bahwa diplomat telah membuat klaim dalam "kapasitas pribadi", pernyataannya bergaung "dengan keraguan yang sama yang diajukan oleh masyarakat China", tulis surat kabar itu.

Klaim Zhao juga diperkuat oleh sejumlah kedutaan besar China dan pengguna media sosial di berbagai belahan dunia.

Spesialis China dari Pemantauan BBC, Kerry Allen mengatakan bahwa Zhao dikenal sebagai sosok yang blak-blakan terutama di media sosial. Ia memiliki kepribadian yang berbeda di China daratan dan tidak selalu mewakili pandangan kepemimpinan.

Didirikan pada tahun 2001 di Kanada, Global Research adalah situs web Pusat Penelitian Globalisasi. Menurut PolitiFact, sebuah situs web pengecekan fakta independen yang berpusat di AS, Global Research "telah mengembangkan teori konspirasi yang luas tentang topik-topik seperti 9/11, vaksin, dan pemanasan global".

Artikel yang disebarluaskan oleh Zhao ditulis oleh kontributor tetap Larry Romanoff, yang mengulangi kesimpulan dari artikel sebelumnya - yang sekarang dihapus - bahwa virus itu tidak berasal dari China.

Tetapi penelitian China dan artikel di majalah Science yang dia kutip tidak benar-benar mempertanyakan China menjadi tempat dimulainya wabah. Sebaliknya, mereka hanya menyarankan bahwa secara khusus pasar hewan di Wuhan mungkin bukan asal dari Virus Corona baru.

Romanoff juga mengklaim bahwa para ilmuwan Jepang dan Taiwan "telah menentukan bahwa Virus Corona jenis baru baru mungkin berasal dari AS".

Tapi kesimpulannya tampaknya didasarkan pada laporan TV Jepang yang sekarang dibantah dari Februari dan klaim yang dibuat di TV Taiwan oleh seorang profesor farmakologi yang berubah menjadi politisi dari partai pro-Beijing yang oleh Romanoff keliru digambarkan sebagai "ahli virus top" sebagai penyebut pertama.

Romanoff juga mengklaim tanpa bukti  bahwa laboratorium kuman militer AS di Fort Detrick, Maryland, mungkin merupakan sumber asli virus. Dia menambahkan bahwa "ini tidak akan mengejutkan" karena fasilitas itu "benar-benar ditutup" tahun lalu karena "tidak adanya perlindungan untuk mencegah kebocoran patogen".

Faktanya, seperti yang dilaporkan New York Times pada waktu itu, fasilitas itu tidak ditutup, tetapi hanya menunda penelitiannya, dan seorang juru bicara mengatakan "tidak ada kebocoran bahan berbahaya di luar laboratorium".

3 dari 3 halaman

Trump: Virus China

Klaim oleh elemen-elemen dalam pemerintah dan media China tentang kemungkinan AS menjadi asal usul virus ini mendorong tanggapan dari Presiden AS Donald Trump yang menyebut COVID-19 sebagai "virus China". Tak hanya itu, Sekretaris Negara Mike Pompeo juga menuntut agar China berhenti menyebarkan "disinformasi".

Presiden Trump baru-baru ini mengumumkan bahwa ia akan menghentikan pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menuduhnya sebagai "sangat China-sentris. Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan "bukan waktunya" untuk memotong dana ke badan PBB.

Tetapi sejumlah politisi dan komentator AS juga telah membuat klaim tidak berdasar tentang asal usul virus.

Pembawa acara utama Fox News, Tucker Carlson, mengutip sebuah penelitian yang meningkatkan kemungkinan bahwa Virus Corona baru "secara tidak sengaja melarikan diri dari laboratorium di Wuhan".

Dan senator Republik Tom Cotton dan Ted Cruz sama-sama mengangkat prospek yang sama.

Studi ini diterbitkan pada awal Februari sebagai "pra-cetak", atau rancangan awal, oleh dua peneliti China - Botao Xiao dan Lei Xiao dari Universitas Teknologi China Selatan Guangzhou - dan tidak secara resmi ditinjau oleh rekan sejawat. Disimpulkan bahwa "virus corona baru pembunuh mungkin berasal dari laboratorium di Wuhan".

Tetapi Xiao telah mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa ia kemudian menarik studi itu. "Spekulasi tentang kemungkinan asal-usul dalam posting itu didasarkan pada surat kabar dan media yang diterbitkan dan tidak didukung oleh bukti langsung," Wall Street Journal mengutipnya.

The Washington Post melaporkan pada pertengahan April bahwa dua diplomat sains dari kedutaan besar AS melakukan kunjungan ke Institut Virologi Wuhan pada tahun 2018 dan memperingatkan Washington tentang "keselamatan yang tidak memadai di laboratorium, yang melakukan penelitian berisiko pada virus corona bari dari kelelawar".

Jeremy Konyndyk, yang memimpin tanggapan pemerintah AS terhadap wabah Ebola, juga menulis di akun Twitternya dan menanggapi laporan tentang kebocoran laboratorium yang tidak disengaja: "Ilmu pengetahuan tidak menghalangi asal laboratorium tetapi memang mengindikasikan itu sangat tidak mungkin."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.