Sukses

5 Histori Dunia 27 April, Sierra Leon Merdeka hingga Wanita Pejuang Kaum Afro-Amerika

Berikut ini lima sejarah dunia yang terjadi 27 April.

Liputan6.com, Jakarta - Meski tidak memiliki hari internasional yang diperingati, tanggal hari ini memiliki tempat tersendiri di hati berbagai orang. 27 April memiliki berbagai sejarah yang tak terlupakan dari masyarakat.

Berbagai peristiwa penting dari kelahiran, kematian hingga kebebasan sebuah negara tercatat pada tanggal 27 April. 

Berbagai sejarah mulai dari kemerdekaan Sierra Leone dan Togo tercatat pada 27 April meski dari tahun yang berbeda, hingga kelahiran seorang aktivis Correta Scott King yang tak lain juga merupakan istri dari Martin Luther King Jr.

Berikut ini ulasannya, dikutip dari Brittanica. Senin (27/4/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sierra Leone Merdeka

Seperti yang tercatat dari Brittanica, pada 27 April 1961 negara bagian Afrika, Sierra Leone dinyatakan merdeka. Sierra Leone — yang selama bertahun-tahun merupakan koloni dan protektorat Inggris — mencapai kemerdekaan di dalam Persemakmuran Inggris; Sir Milton Margai menjabat sebagai perdana menteri pertama.

Sierra Leone sendiri merupakan salah satu negara bagian Afrika yang kaya akan tambang mereka, emas dan berlian pun menjadi daya tarik dari negara ini. Namun sayangnya konlik blood diamond beberapa tahun lalu juga masih menjadi momok bagi negara ini. 

3 dari 5 halaman

2. Togo Merdeka dari Prancis

Togo menjadi salah satu negara bagian Afrika yang terbebas dari penjajahan pada tanggal 27 April. Togo merdeka dari Prancis pada 27 April 1960, sosok Sylvanus Olympio menjadi pemimpin pertama di negara bagian Afrika Selatan ini. 

Sosok Sylvanus Olympio datang dari keluarga yang terpandang di Togo, pamanya, Octaviano Olympio merupakan salah satu orang terkaya di Togo. Sylvanus Olympio sendiri meninggal pada tahun 1963. 

4 dari 5 halaman

3. Aktivis Correta Scott King Lahir

Istri dari Martin Luther King Jr, Correta Scott King lahir pada tanggal 27 April 1927. Martin Luther King Jr merupakan aktivis yang memperjuangkan hak-hak orang Afrika-Amerika dari rasisme. Martin Luther King Jr sendiri meninggal akibat pembunuhan berencana pada 4 April 1968. 

Coretta Scott lulus dari Antioch College di Yellow Springs, Ohio, dan pada tahun 1951 mendaftar di New England Conservatory of Music di Boston. Ketika sedang berusaha meraih gelar sarjana, dia bertemu dengan Martin Luther King, Jr., yang saat itu adalah seorang mahasiswa teologi pascasarjana di Universitas Boston. Mereka menikah pada tahun 1953 dan memiliki empat anak, seperti yang dikutip dari Britannica.

5 dari 5 halaman

4. Kebun Binatang London Dibuka untuk Pertama Kalinya

Tempat hiburan London Zoo dibuka pertama kalinya pada 27 April 1828, seperti yang dikutip dari Britannica, tentunya untuk pandemi saat ini orang-orang tidak dapat berkunjung ke London Zoo yang bersejarah ini. Namun setelah pandemi usai, kebun binatang ini wajib dikunjungi karena merupakan salah satu kebun binatang tertua. 

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini