Sukses

China Kirim Tim Medis ke Korea Utara, Mengobati Kim Jong-un?

China telah mengirim tim ke Korea Utara termasuk para ahli medis untuk memberi nasihat terkait kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Liputan6.com, Pyongyang - China telah mengirim tim ke Korea Utara termasuk para ahli medis untuk memberi nasihat terkait kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, menurut tiga orang yang mengetahui situasi tersebut.

Perjalanan oleh para dokter dan pejabat China itu dilakukan di tengah laporan yang saling bertentangan tentang kesehatan pemimpin Korea Utara. Reuters tidak dapat segera menentukan apa yang ditunjukkan oleh perjalanan tim China dalam hal kesehatan Kim.

Sebuah delegasi yang dipimpin oleh seorang anggota senior dari Departemen Penghubung Internasional Partai Komunis China meninggalkan Beijing ke Korea Utara pada hari Kamis 23 April 2020, kata dua narasumber. Departemen itu adalah badan utama China yang berurusan dengan negara tetangga Korea Utara.

Sumber menolak untuk diidentifikasi mengingat sensitivitas masalah ini, demikian seperti dikutip dari NDTV, Sabtu (25/4/2020).

Departemen Penghubung tidak dapat dihubungi oleh Reuters untuk memberikan komentar Jumat malam. Kementerian Luar Negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar pada Jumat 24 April 2020.

Daily NK, situs web yang berbasis di Seoul, melaporkan awal pekan ini bahwa Kim Jong-un pulih setelah menjalani prosedur kardiovaskular pada 12 April. Ia mengutip satu sumber tanpa nama di Korea Utara.

Para pejabat pemerintah Korea Selatan dan seorang pejabat Cina dengan Departemen Penghubung menantang laporan-laporan berikutnya yang menyatakan bahwa Kim Jong-un dalam bahaya besar setelah operasi. Para pejabat Korea Selatan mengatakan mereka tidak menemukan tanda-tanda aktivitas tidak biasa di Korea Utara.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Presiden Donald Trump

Pada hari Kamis, Presiden AS Donald Trump juga mengecilkan laporan sebelumnya bahwa Kim sakit parah. "Saya pikir laporan itu tidak benar," kata Trump kepada wartawan, tetapi dia menolak mengatakan apakah dia telah menghubungi pejabat Korea Utara.

Pada hari Jumat, sebuah sumber Korea Selatan mengatakan kepada Reuters bahwa intelijen mereka menyatakan bahwa Kim masih hidup dan kemungkinan akan segera muncul. Orang itu mengatakan dia tidak memiliki komentar tentang kondisi Kim saat ini atau keterlibatan orang China.

Seorang pejabat yang akrab dengan intelijen AS mengatakan bahwa Kim diketahui memiliki masalah kesehatan tetapi mereka tidak punya alasan untuk menyimpulkan bahwa dia sakit parah atau tidak mampu akhirnya muncul kembali di depan umum.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri AS tidak memberikan komentar. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, ketika ditanya tentang kesehatan Kim di Fox News setelah pernyataan Trump, berkata, "Saya tidak punya apa-apa yang bisa saya bagikan kepada Anda malam ini, tetapi orang-orang Amerika harus tahu bahwa kami memperhatikan situasi dengan sangat tajam."

Korea Utara adalah salah satu negara dunia yang paling terpencil dan tertutup, dan kesehatan para pemimpinnya diperlakukan sebagai masalah keamanan negara. Reuters belum dapat secara independen mengkonfirmasi rincian tentang keberadaan atau kondisi Kim.

3 dari 4 halaman

Kondisi Terakhir Kim Jong-un

Media pemerintah Korea Utara terakhir kali melaporkan keberadaan Kim ketika dia memimpin pertemuan pada 11 April. Media pemerintah tidak melaporkan bahwa dia menghadiri sebuah acara untuk menandai ulang tahun kakeknya, Kim Il-sung, pada 15 April, tanggal penting di Korea Utara.

Kim, yang diyakini berusia 36 tahun, telah menghilang dari sorotan media pemerintah Korea Utara sebelumnya. Pada 2014, dia menghilang lebih dari sebulan dan TV pemerintah Korea Utara kemudian menunjukkan dia berjalan dengan pincang.

Spekulasi tentang kesehatannya telah dipicu oleh kebiasaan merokoknya yang berat, kenaikan berat badan yang jelas sejak mengambil kekuasaan dan riwayat kardiovaskular di keluarganya.

Ketika ayah Kim Jong-un, Kim Jong Il, menderita stroke pada tahun 2008, media Korea Selatan melaporkan pada saat itu bahwa dokter China terlibat dalam perawatannya bersama dengan dokter Prancis.

4 dari 4 halaman

Hubungan China dan Korea Utara

Tahun lalu, Presiden Tiongkok Xi Jinping melakukan kunjungan kenegaraan pertama dalam 14 tahun oleh seorang pemimpin Tiongkok ke Korea Utara, negara miskin yang bergantung pada Beijing untuk dukungan ekonomi dan diplomatik.

China adalah sekutu utama Korea Utara dan jalur kehidupan ekonomi bagi negara yang dilanda sanksi PBB, dan memiliki ketertarikan yang besar pada stabilitas negara yang dengannya mereka berbagi perbatasan yang panjang dan keropos.

Kim adalah pemimpin turun-temurun generasi ketiga yang berkuasa setelah ayahnya Kim Jong Il meninggal pada 2011 karena serangan jantung. Dia telah mengunjungi China empat kali sejak 2018.

Trump mengadakan KTT yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Kim pada 2018 dan 2019 sebagai bagian dari upaya untuk membujuknya agar melepaskan persenjataan nuklir Korea Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.