Sukses

Jepang Sumbang 14,5 Juta Dolar untuk Penanganan Corona COVID-19 di Indonesia

Jepang siapkan dana bantuan US$ 14,5 Juta untuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Melalui konferensi telewicara yang dilakukan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Negeri Sakura akan memberikan bantuan ke Indonesia sebesar US$ 14,5 juta untuk menangani virus corona penyebab COVID-19. 

Dalam telewicara yang dilakukan pada 23 April 2020 tersebut Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Jepang karena telah telah bekerja sama untuk mengevakuasi awak Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah COVID-19. Abe juga memuji kepemimpinan Jokowi selama menangani pandemi ini, demikian pernyataan resmi dari Kedutaan Jepang di Jakarta yang diterima Liputan6.com, Sabtu (25/4/2020).

Di Jepang, kasus COVID-19 telah mencapai 12.000 kasus lebih seperti data dari worldometers, sedangkan di Indonesia kasus virus corona telah mencapai lebih dari 8.000 kasus. Saat ini pandemi yang dimulai dari Wuhan ini telah mencapai 2.8 juta kasus, dengan lebih dari 781 pasien sembuh.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling membantu satu sama lain

Perdana Menteri Shinzo Abe juga meminta agar Bapak Jokowi untuk memastikan keamanan Warga Negara Jepang yang berdomisili serta stabilitas operasional perusahaan Jepan di Indonesia. Mendengar hal itu, Bapak Jokowi menanggapinya dengan lapang dada dan bersedia menghadapi pandemi COVID-19 bersama-sama. 

Perdana Menteri Shinzo Abe juga meminta kerja samanya agar gaun medis dapat diekspor ke Jepang secara stabil. Dalam telewicara tersebut keduanya juga membahas untuk membantu sama lain, Bapak Shinzo Abe telah menyampaikan bahwa Pemerintah Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap tenaga medis di Indonesia melalui organisasi internasional seperti WHO dan UNICEF.

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.