Sukses

Top 3: Lockdown di Vietnam Berakhir Tanpa Korban Jiwa

Top 3: Lockdown di Vietnam Berakhir Tanpa Korban Jiwa

Liputan6.com, Jakarta - Akibat COVID-19 hampir seluruh dunia menerapkan lockdown beberapa negara yang terbilang sukses dalam sistem ini adalah Vietnam. Seperti yang diunkapkan oleh Dubes RI untuk Vietnam Ibnu Hadi dalam wawancara bersama Liputan6.com, dirinya membagikan lima poin penting mengapa lockdown di Vietnam terbilang sukses, padahal negara ini berpatasan secara langsung dengan Cina. 

Berita ini menjadi salah satu berita yang paling dibaca di dalam kanal Global Liputan 6 dengan menempati posisi pertama. 

Berita populer lainnya datang NASA, akibat munculnya asteroid yang akan melintasi Bumi 29 April mendatang. Bentuk dari asteroid ini terbilang unik karena asteroid tersebut terlihat seperti menggunakan masker. 

Berita yang tak kalah populernya juga datang dari kabar kesehatan Kim Jong-Un yang dikabarkan kritis. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Sabtu, (25/4/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Vietnam Lawan COVID-19 dengan Lockdown Serius

Seperti yang dilaporkan oleh Dubes RI di Vietnam, Ibnu Hadi kepada Liputan6.com, bahwa lockdown Vietnam ini terbilang sukses dengan menerapkan lima hal. Hal tersebut adalah pemerintah menanggapi COVID-19 dengan serius. Tindakan yang lansung diambil adalah pencegahan awal dari tempat-tempat yang memicu keramaian. 

"Begitu di China ramai, mereka langsung waspada," kata Dubes Ibnu Hadi kepada Liputan6.com.

Pemerintahan Vietnam yang sentralitis juga menjadi alasan mengapa lockdown di Vietnam dapat berjalan dengan lancar. Pemerintah dengan mudah mengeluarkan peraturan untuk pencegahan COVID-19 di Vietnam lebih lanjut, tak hanya itu mereka juga mengikuti saran WHO. 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Asteroid yang 'Menggunakan Masker' Akan Melewati Bumi

Asteroid sebesar 1,2 mil diprediksikan akan melintasi Bumi, namun jangan khawatir karena asteroid ini telah dipastikan tidak akan bertabrakan dengan Bumi. Tak hanya itu foto yang ditangkap oleh  Observatorium Arecibo di Puerto Rico memperlihatkan bahwa asteroid ini juga menggunakan masker. 

Pertama kalinya asteroid itu terdeteksi pada tahun 1998 dengan nama objek 52768 (1998 OR2). Asteroid ini juga merupakan salah satu asteroid terbesar, kemungkinan asteroid ini juga dapat melintasi Bumi lebih dekat dari sebelumnya. 

Seorang ilmuwan penelitian di observatorium, yang bernama Flaviane Venditti mengatakan bahwa pada tahun 2079 asteroid ini akan melintasi 3.5 kali lebih dekat dari tahun ini.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Donald Trump Tepis Kabar Kim Jong-un Kritis dan Meninggal

Presiden Donald Trump telah menepis kabar bahwa pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un berada dalam kondisi kritis bahkan ada yang mengabarkan bahwa Kim Jong-Un telah meninggal. Donald Trump juga mengaku bahwa dirinya memiliki pengetahuan langsung dari Korea Utara bahwa Kim Jong-un baik-baik saja. 

Memang keadaan Kim Jong-Un sempat dilaporkan dalam keadaan kritis setelah melakukan operasi kardiovaskular. Namun seperti yang dilansir oleh Daily NK, bahwa Kim Jong-un menjalani prosedur kardiovaskular pada awal bulan ini dan sedang pulih di sebuah villa di provinsi Pyongan Utara.

Baca selengkapnya...

 

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.