Sukses

AS Setop Pendanaan di Tengah Pandemi Corona, China Bantu WHO Rp 467 M

Pemerintah China mengirim bantuan dana bagi WHO senilai US$ 30 juta atau Rp 467 miliar.

Liputan6.com, Beijing - China mengumumkan pada Kamis 23 April bahwa pihaknya akan memberikan dana senilai US $ 30 juta lagi atau Rp 467 miliar kepada Organisasi Kesehatan Dunia untuk membantu dalam perang global melawan pandemi Virus Corona COVID-19. Hal ini disampaikan beberapa hari setelah Washington mengatakan akan membekukan pendanaan.

AS, yang merupakan kontributor terbesar WHO, menuduh organisasi itu "salah mengatur" krisis Corona COVID-19, yang kemudian menarik kemarahan dari Beijing ketika kedua negara berdebat tentang virus itu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (24/4/2020). 

Juru bicara kementerian luar negeri Geng Shuang mengatakan sumbangan baru itu akan menjadi tambahan dari dana US $ 20 juta yang telah dilakukan sebelumnya, dan akan membantu "memperkuat sistem kesehatan negara-negara berkembang".

Dia menambahkan bahwa kontribusi China kepada badan PBB "mencerminkan dukungan dan kepercayaan dari pemerintah China dan orang-orang untuk WHO".

Dalam mengumumkan pembekuan dana pekan lalu, Presiden AS Donald Trump menuduh WHO menutupi keseriusan wabah Virus Corona COVID-19 di Cina sebelum menyebar.

Dia juga menuduh WHO "sangat China-sentris".

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

China Bela WHO

China telah membantah saran Barat bahwa mereka menutupi tingkat penyebaran virus, menolak klaim bahwa mereka memiliki hubungan yang terlalu dekat dengan WHO juga.

Tetapi pihak berwenang setempat membungkam para dokter yang mencoba meningkatkan kekhawatiran tentang virus di Wuhan pada bulan Desember.

Investigasi menetapkan bahwa polisi "secara tidak tepat" menghukum salah satu dari pelapor, Li Wenliang, seorang dokter mata yang kemudian meninggal karena penyakit COVID-19.

WHO, di bawah kepemimpinan Tedros Adhanom Ghebreyesus, telah dituduh oleh Washington secara tidak kritis menerima pernyataan awal China bahwa virus itu tidak menyebar di antara manusia, dan secara salah memuji "transparansi" Beijing atas besarnya krisis.

Pandemi, dikombinasikan dengan ancaman penghentian pendanaan AS, menandai tantangan terbesar hingga saat ini dalam masa jabatan hampir tiga tahun Tedros.

"Mendukung WHO pada saat kritis dalam perang global melawan epidemi ini adalah mempertahankan cita-cita dan prinsip-prinsip multilateralisme dan menegakkan status dan otoritas PBB," kata Geng.

Untuk saat ini, AS adalah negara yang paling terpukul oleh pandemi Virus Corona baru, dengan jumlah korban sekitar 46.000.

Jumlah di China telah berkurang karena mulai hati-hati mengangkat langkah-langkah pengendalian virus, meskipun kekhawatiran tetap ada tentang kebangkitan potensial dan infeksi impor dari luar negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.