Sukses

Diperpanjang Lagi, Perintah Kontrol Gerakan Saat Pandemi Corona Malaysia Hingga 12 Mei

PM Muhyiddin Yassin mengumumkan bahwa perintah kontrol gerakan demi mencegah penyebaran meluas Virus Corona COVID-19 di Malaysia berlaku hingga 14 hari mendatang. Diperpanjang hingga 12 Mei.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perintah kontrol gerakan Malaysia (MCO) yang ditetapkan akibat pandemi Corona COVID-19, kembali diperpanjang 14 hari lagi, hingga 12 Mei, sebagaimana diumumkan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin pada Kamis 23 April.

MCO, yang dimulai pada 18 Maret, telah diperpanjang dua kali. Pada awalnya, aturan tersebut seharusnya berakhir pada 28 April. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (24/4/2020). 

"Meskipun angka-angka telah menunjukkan hasil positif, langkah-langkah yang kami ambil harus terus berlanjut sampai saat kami yakin bahwa pandemi COVID-19 benar-benar terkendali," kata Muhyiddin dalam pidato yang disiarkan televisi menjelang bulan puasa.

Perdana menteri menambahkan bahwa dia tidak menutup kemungkinan bahwa MCO akan diperpanjang lebih lanjut setelah ini, tetapi pemerintah mungkin mengurangi beberapa pembatasan jika infeksi terus melambat. 

"Jika COVID-19 kasus terus mencatat penurunan yang signifikan, pemerintah mungkin melonggarkan kontrol gerakan secara bertahap di beberapa sektor, termasuk sektor sosial," katanya.

Dengan ekstensi terbaru ini, Malaysia akan berada di bawah pembatasan gerakan selama total 56 hari untuk mengekang penyebaran COVID-19. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perintah Kontrol Gerakan

Di bawah MCO, perjalanan antar negara dan internasional dilarang. Sekolah dan bisnis yang tidak penting diperintahkan untuk ditutup, sementara orang-orang didesak untuk tetap di rumah guna memutus rantai infeksi.

Beberapa lokasi dengan sejumlah besar kasus juga ditempatkan di bawah MCO yang ditingkatkan, yang selanjutnya membatasi pergerakan penduduk. 

Dengan MCO, yang saat ini berada di hari ke-37, angka kasus COVID-19 harian Malaysia mengalami penurunan. 

Dari peningkatan tiga digit awal, negara ini telah melaporkan tren dua digit dalam infeksi baru hariannya sejak pekan lalu. 

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Noor Hisham Abdullah mengatakan bahwa pendekatan Malaysia untuk mengisolasi pasien COVID-19 - walaupun mereka adalah pembawa asimptomatik atau hanya menunjukkan gejala ringan - mungkin telah berkontribusi pada angka kematian yang rendah dan tingkat pemulihan yang tinggi. 

Ketika perpanjangan MCO kedua dimulai, bisnis di sektor-sektor tertentu diizinkan untuk melanjutkan operasi, termasuk obat-obatan tradisional dan komplementer serta toko perangkat keras dan listrik. 

3 dari 3 halaman

Pemulihan Ekonomi

Dalam pidato yang sama, Muhyiddin mengatakan pemerintah sedang mempelajari metode untuk menghidupkan kembali perekonomian secara bertahap, mengingat kemungkinan lebih banyak ekstensi MCO. 

"Saya telah memerintahkan Kementerian Keuangan dan Unit Perencanaan Ekonomi di bawah Departemen Perdana Menteri untuk menyusun Rencana Pemulihan Ekonomi menyeluruh untuk jangka pendek, menengah dan panjang," kata perdana menteri.

Dia mengatakan penekanan saat ini adalah untuk mengidentifikasi langkah-langkah dan inisiatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi jangka pendek dan menengah, sementara meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor untuk regenerasi ekonomi nasional.

"Di antara inisiatif yang direncanakan termasuk upaya untuk membangun kapasitas dan keterampilan di antara orang-orang, mendorong konsumsi domestik, meningkatkan ketahanan industri dan menciptakan lingkungan investasi yang lebih positif," kata Muhyiddin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.