Sukses

Pengakuan Warga China yang Hilang 2 Bulan Usai Posting Video Corona di Wuhan

Seorang jurnalis warga China hilang selama hampir dua bulan setelah memposting video dari Wuhan saat wabah Virus Corona muncul.

Liputan6.com, Jakarta Seorang jurnalis warga China hilang selama hampir dua bulan setelah memposting video dari Wuhan saat wabah Virus Corona muncul. Kini ia telah muncul kembali dan mengaku selama ini berada dalam tahanan polisi dan dikarantina secara paksa.

Adalah Li Zehua, satu dari tiga jurnalis warga di China yang telah melaporkan kondisi Wuhan dari garis depan selama beberapa pekan terburuk saat epidemi Virus Corona COVID-19. Dia terakhir terlihat pada 26 Februari setelah memposting video di mana dia dikejar SUV putih dan live-stream selama berjam-jam yang berakhir ketika beberapa agen memasuki apartemennya, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (23//4/2020).

Dalam sebuah video yang diposting di YouTube, Weibo, dan Twitter, Li mengatakan pada 26 Februari, SUV putih berada di depannya saat dia sedang mengemudi di distrik Wuchang di Wuhan dan orang-orang di dalamnya berteriak agar dia berhenti. Li panik dan pergi dengan mobil sambil merekam video yang dia posting online hari itu.

Setelah kembali ke apartemennya, ia melihat polisi dan staf berseragam dengan pakaian pelindung mengetuk pintu tetangga-tetangganya. Li mematikan lampu dan duduk diam di depan komputernya selama berjam-jam, menunggu. Tiga jam kemudian, ketukan datang.

Setidaknya tiga pria memasuki apartemennya, mengidentifikasi diri mereka sebagai keamanan publik. Li kemudian pergi bersama mereka ke kantor polisi setempat di mana dia diberi tahu sedang diselidiki dengan tuduhan mengganggu ketertiban umum.

Polisi kemudian mengatakan mereka tidak akan menuntutnya tetapi karena dia telah mengunjungi "daerah epidemi sensitif" dia perlu menjalani karantina Virus Corona COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nadan dan Komentarnya Berubah

Li, yang harus menyerahkan perangkatnya kepada seorang teman, menghabiskan bulan berikutnya dalam karantina di Wuhan dan kemudian di kota kelahirannya di provinsi lain. Dia dilayani tiga kali sehari, diawasi oleh penjaga keamanan.

"Sepanjang waktu, polisi bertindak secara sipil dan legal, memastikan saya beristirahat dan makan. Mereka benar-benar peduli padaku," katanya.

Li mengaku dibebaskan pada 28 Maret dan telah menghabiskan waktu bersama keluarganya. Dia berharap mereka yang menderita selama epidemi cepat pulih. "Semoga Tuhan memberkati Tiongkok dan orang-orang di dunia bersatu."

Nada dan komentar Li, netral dan patriotik, sangat berbeda dari video sebelumnya. Li, yang telah bekerja untuk CCTV, lembaga penyiaran pemerintah Tiongkok, pergi ke Wuhan untuk melaporkan krisis setelah jurnalis dan aktivis warga lainnya Chen Qiushi menghilang.

Dalam videonya, ia melaporkan upaya komite lingkungan setempat untuk menutupi infeksi baru dan mewawancarai warga yang sakit. Dia mengunjungi krematorium di mana seorang pekerja mengatakan orang dibayar lebih banyak untuk mengangkut mayat.

Pada saat itu Li berkata, "Saya tidak ingin diam, atau menutup mata dan telinga saya. Bukannya saya tidak bisa memiliki kehidupan yang baik, dengan istri dan anak-anak. Saya bisa. Saya melakukan ini karena saya berharap lebih banyak orang muda, seperti saya, dapat berdiri."

Namun, dalam menutup videonya pada Rabu, Li mengutip satu baris dari teks Konfusianisme tentang tetap setia pada keyakinan seseorang. "Hati manusia tidak dapat diprediksi, gelisah. Afinitasnya dengan apa yang benar itu kecil. Bersikap diskriminatif, berseragam agar Anda bisa berpegang teguh," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona

  • wuhan