Sukses

Kapal Gabungan AS dan Australia Muncul di Laut China Selatan, Kondisi Kian Panas

Munculnya kapal gabungan AS dan Australia membuat situasi di Laut China Selatan makin panas.

Liputan6.com, Hanoi - Sebuah kapal fregat Australia telah bergabung dengan tiga kapal perang Amerika Serikat di Laut China Selatan di dekat sebuah daerah di mana sebuah kapal Tiongkok diduga sedang mengeksplorasi minyak, tepatnya di dekat perairan juga diklaim Vietnam dan Malaysia, kata para pejabat.

Kapal perang itu tiba pekan ini, dekat dengan tempat survei pemerintah China Haiyang Dizhi 8 beroperasi, yang pada gilirannya dekat di mana sebuah kapal yang dioperasikan perusahaan minyak negara bagian Petronas Malaysia sedang melakukan pengeboran eksplorasi, kata sumber keamanan regional, seperti dikutip dari laman Straits Times, Kamis (23/4/2020). 

Angkatan Laut AS mengatakan, kapal serbu amfibi USS Amerika dan Bunker Hill USS, sebuah kapal penjelajah rudal yang dipandu, beroperasi di Laut China Selatan.

Mereka bergabung dengan fregat kapal induk Australia HMAS Parramatta dan kapal AS ketiga, kapal perusak USS Barry, sebagai bagian dari latihan bersama, kata departemen pertahanan Australia.

"Selama latihan lintas, kapal mengasah interoperabilitas antara angkatan laut Australia dan AS, termasuk pengisian ulang di laut, operasi penerbangan, manuver maritim dan latihan komunikasi," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berada di ZEE Malaysia

Haiyang Dizhi 8 berjarak 325 km di lepas pantai Malaysia berada dalam zona ekonomi eksklusifnya. Informasi ini didapat dari data situs web pelacakan kapal, Traffic Lalu Lintas menunjukkan pada hari Rabu.

Kapal tersebut yang disertai oleh kapal penjaga pantai Tiongkok, telah bergerak dalam pola berbentuk hash yang konsisten dengan survei seismik selama hampir seminggu.

Daerah itu dekat perairan yang diklaim oleh Vietnam dan Malaysia serta China.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan yang kaya energi, dalam "nine dash line" berbentuk U pada peta-petanya, yang tidak dikenali oleh tetangganya.

Petronas dan Kementerian Luar Negeri Malaysia belum mengomentari situasi itu, tetapi Amerika Serikat telah meminta China untuk menghentikan "perilaku intimidasi" di Laut China Selatan.

China, bagaimanapun, telah membantah laporan tentang pertikaian, mengatakan Haiyang Dizhi 8 sedang melakukan kegiatan normal.

Tahun lalu, kapal-kapal Vietnam menghabiskan berbulan-bulan memantau pergerakan Haiyang Dizhi 8.

Namun, kapal itu muncul dari Vietnam lagi minggu lalu, dalam zona ekonomi eksklusif Vietnam.

Vietnam mengatakan sedang memantau situasi dengan cermat.

Amerika Serikat menuduh China mendorong kehadirannya di Laut Cina Selatan, sementara penuntut lainnya sibuk dengan pandemi Virus Corona COVID-19. Pada saat yang sama, China telah menyumbangkan bantuan medis ke negara-negara Asia Tenggara untuk membantu mereka mengatasi virus, yang muncul di China tengah akhir tahun lalu.

Sebuah tim ahli medis Cina tiba minggu ini di Malaysia, yang telah melaporkan lebih dari 5.400 infeksi Virus Corona baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.