Sukses

23-4-1564: Lahirnya Sang Pujangga William Shakespeare

Seorang pujangga ternama William Shakespeare lahir pada hari ini, tepatnya 23 April 1564.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut tradisi, dramawan dan penyair besar Inggris William Shakespeare lahir di Stratford-upon-Avon pada tanggal 23 April 1564. Mustahil untuk memastikan hari yang tepat di mana ia dilahirkan, tetapi catatan gereja menunjukkan bahwa ia dibaptis pada 26 April, dan tiga hari adalah jumlah waktu yang lazim untuk menunggu sebelum membaptis bayi yang baru lahir.

Melansir laman history.com, Rabu (22/4/2020), tanggal kematian sang pujangga William Shakespeare diketahui secara meyakinkan, yaitu pada 23 April 1616. Ketika ia berusia 52 tahun, ia memutuskan pensiun ke Stratford tiga tahun sebelumnya.

Meskipun beberapa drama telah dianalisis, sebanyak 38 di antaranya yang dianggap berasal dari William Shakespeare, mengisyaratkan beberapa detail yang masih hidup tentang kehidupan penulis drama ternama ini.

Kelangkaan informasi biografis ini terutama disebabkan oleh posisinya dalam kehidupan; dia bukan seorang bangsawan, tetapi putra John Shakespeare, seorang pedagang kulit dan juru sita kota.

Peristiwa kehidupan awal William Shakespeare hanya dapat diperoleh dari catatan resmi, seperti catatan baptisan dan pernikahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidup Shakespeare

Menurut catatan, ia kemungkinan menghadiri sekolah tata bahasa di Stratford, tempat dia akan belajar bahasa Latin dan membaca sastra klasik.

Dia tidak belajar di universitas, tetapi pada usia 18 menikah dengan Anne Hathaway, yang delapan tahun lebih tua dan hamil pada saat pernikahannya.

Putri pertama mereka, Susanna, lahir enam bulan kemudian, dan pada 1585 William dan Anne memiliki anak kembar, Hamnet dan Judith.

Hamnet, satu-satunya putra Shakespeare, meninggal 11 tahun kemudian, dan Anne Shakespeare hidup lebih lama dari suaminya. Ia meninggal pada tahun 1623.

Tidak ada yang diketahui tentang periode antara kelahiran si kembar dan kemunculan Shakespeare sebagai penulis drama di London pada awal tahun 1590-an, tetapi cerita yang tidak berdasar menceritakan ia pernah bergabung dengan sekelompok pemain keliling, menjadi guru sekolah, atau melayani sebagai tentara di Low Countries.

Referensi pertama ke Shakespeare sebagai penulis naskah drama London muncul pada 1592, ketika seorang rekan dramawan, Robert Greene, menulis darinya tentang kematiannya.

Diyakini bahwa Shakespeare telah menulis tiga bagian Henry VI pada saat itu.

Pada 1593, Venus dan Adonis adalah puisi Shakespeare yang pertama kali diterbitkan, dan ia mendedikasikannya untuk Henry Wriothesley muda, generasi ke-3 dari Southampton.

Pada 1594, setelah mungkin menggubah, antara lain sandiwara, Richard III, The Comedy of Errors, dan The Taming of the Shrew,ia menjadi aktor dan penulis naskah untuk Lord Chamberlain's Men, yang menjadi Raja's King setelah kenaikan James I pada 1603.

Perusahaan ini tumbuh menjadi yang terbaik di Inggris, tidak sedikit karena Shakespeare, yang merupakan ahli sandiwara utamanya.

Ia juga dinyatakan sebagai aktor terbaik saat itu, Richard Burbage, dan teater terbaik, Globe, yang terletak di tepi selatan Sungai Thames. 

Shakespeare meninggal di Stratford-on-Avon pada 23 April 1616.

Hari ini, lebih dari 400 tahun kemudian, karyanya dimainkan dan dibaca lebih sering di lebih banyak negara daripada sebelumnya.

Dalam sejuta kata yang ditulis lebih dari 20 tahun, ia menangkap berbagai emosi manusia dan konflik dengan presisi yang tetap tajam hingga saat ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini