Sukses

Terus Disalahkan AS Soal Pandemi Corona COVID-19, Ini Jawaban Menohok China

Walaupun pandemi Virus Corona pertama kali muncul di Tiongkok, namun negara itu tidak ingin masyarakat dunia terus tergiring oleh tuduhan yang dijatuhkan oleh AS.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh dunia saat ini sedang menghadapi kesulitan dalam memerangi pandemi Virus Corona COVID-19. Terlebih Amerika Serikat, yang kini menempati posisi teratas dan memiliki angka kasus serta kematian terbanyak di dunia. 

Karena hal tersebut, AS kerap menyalahkan Tiongkok atas apa yang terjadi. Seperti Presiden AS Donald Trump, yang kerap menyebut-nyebut COVID-19 sebagai "Virus China".

Walaupun virus tersebut pertama kali muncul di sana, China tidak ingin masyarakat dunia memiliki pandangan bahwa China lah penyebab di baliknya. 

"Kami berbagi kekhawatiran dan kesengsaraan dan memperluas simpati kami yang dalam, dan memberikan dukungan dan bantuan kepada dunia, termasuk AS, dengan kemampuan terbaik kami, meskipun permintaan tinggi China untuk pasokan medis di rumah ketika jutaan orang kembali bekerja, dan kekhawatiran atas kasus yang diimpor dan kebangkitan COVID-19 tetap ada," seperti tertulis dalam China Daily, Rabu (22/4/2020). 

Dengan cara yang sama, China tidak ingin masyarakat umum dunia disesatkan oleh tuduhan dan stigmatisasi yang tidak berdasar terhadap China. 

"Alasan dan kesopanan perlu dipertahankan pada saat yang kritis ini. Kami percaya ini adalah pertarungan seluruh dunia melawan virus, bukan pertarungan di antara penduduk desa global, setidaknya keretakan pahit untuk perhitungan dan keuntungan politik egois," tertulis dalam laporan yang dirilis oleh pemerintah Tiongkok. 

"Pertarungan global melawan COVID-19 harus menjadi pertarungan yang bersatu dan seharusnya tidak ada hubungannya dengan sistem sosial atau geopolitik. Menunjuk jari pada orang lain sedikit membantu dengan penahanan virus negara sendiri. Terkadang, satu-satunya efek yang ditimbulkannya adalah kebencian dan konfrontasi," tulisnya lebih lanjut. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban Menohok

Walaupun pertama kali muncul di China, pemerintah setempat tidak menganggapnya berasal dari sana. 

"AIDS pertama kali ditemukan di AS, apakah ada yang menamakannya "American AIDS?" Virus H1NI pecah di Amerika Utara dan menyebar ke dunia pada tahun 2009. Apakah ada yang menyebutnya "virus Amerika?" lanjut pernyataan tersebut. 

Penyebaran eksplosif COVID-19 mengejutkan dunia.

Namun, penanganan dan pemberitahuan China sangat cepat, terbuka, transparan, dan bertanggung jawab, seperti yang telah ditunjukkan dengan jelas oleh garis waktu berikut, terutama dengan mempertimbangkan bahwa COVID-19 adalah vi

"Kecepatan dan skala langkah China jarang terlihat di dunia," sebagaimana sangat dihargai oleh Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.