Sukses

5 Ucapan Selamat Ramadan Terpopuler di Dunia, Nomor 3 Sering Dipakai Orang Indonesia

Berikut ini adalah kata-kata ucapan untuk menyambut bulan suci Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan suci bagi seluruh umat Muslim di dunia. Menyambut Ramadan tidak akan lengkap tanpa ucapan yang menghangatkan hati.

Di dunia ini ada berbagai cara untuk mengucapkan selamat Ramadan bagi yang merayakan. 

Setidaknya ini akan menjadi salah satu hormat dari yang tidak merayakan.

Berikut ini adalah kata-kata ucapan untuk menyambut Ramadan dari berbagai negara, dikutip dari beragam sumber, Kamis (23/4/2020):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mubarak Alaikum Al Shahar

Salam "Mubarak Alaikum Al Shahar" ini memiliki arti semoga bulan ini menjadi bulan yang diberkati. Dikutip dari Gulfnews bahwa perkataan ini sangat populer di Arab, menurut Ahmed Behzad, founder dari Meet the Locals sebuah organisasi tur di Arab. 

Menurutnya, sangat penting untuk berbuat baik dan bersikap sopan dengan satu sama yang lain. Dan sangat penting untuk mengatakan "Mubarak Alaikum Al Shahar" kepada setiap orang yang kita temui, terutama untuk yang merayakan. 

3 dari 6 halaman

2. Ramadan Kareem

"Ramadan Kareem" ini sangat populer dikalangan orang-orang internasional, bahkan untuk yang tidak merayakan sekalipun. "Ramadan Kareem" ini memiliki arti, semoga memiliki arti Semoga Ramadhan ini diberkati, seperti yang dikutip dari TIME. 

Kata-kata ini juga terkadang digunakan dengan orang-orang di Indonesia selama bulan Ramadan, kalian pasti juga mendapatkan perkataan yang mirip dari teman-teman Anda. 

4 dari 6 halaman

3. Marhaban Ya Ramadan

Kalau di Indonesia, orang mengenal dengan perkataan "Marhaban Ya Ramadan".

Memang perkataan ini ada untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Orang-orang di Indonesia tentu akan mengirimkan kata-kata ini di grup WhatsApp keluarga hingga sosial media lainnya. 

Namun, karena sekarang kita berada di zaman yang sudah modern, maka banyak perkataan lainnya yang digunakan untuk menyambut bulan Ramadan di Indonesia.

Kaum muda di Indonesia juga bisa menambahkan kata-kata ucapan sendiri untuk menyampaikan selamat Ramadan kepada teman mereka yang merayakan. 

5 dari 6 halaman

4. Ramadan Mubarak

Ucapan "Ramadan Mubarak" ini merupakan ucapan yang paling umum selama bulan Ramadan seperti yang dikutip dari Express. Ucapan "Ramadan Mubarak" ini diartikan dalam Bahasa Indonesia "Selamat Ramadan". 

Sangat penting bagi kita untuk mengucapkan perkataan ini untuk menunjukan rasa hormat kepada orang yang merayakan bulan Suci ini. Apalagi di Indonesia kita memiliki beragam budaya dan sebuah kewajiban kita untuk menunjukan rasa hormat tersebut. 

6 dari 6 halaman

5. Bon Ramadan

Menurut The Local Fr, populasi Muslim di Prancis mencapai 5,760,000 juta penduduk angka tersebut merupakan setidaknya 8% dari total populasi Prancis. Dalam Bahasa Prancis, kata untuk mengatakan Selamat Ramadhan adalah "Bon Ramadan" . Kata bon dalam Bahasa Indonesia memiliki kata arti bagus, namun kata ini juga bisa berarti selamat. 

Kata-kata "Bon Ramadan" ini memiliki arti yang sama dengan "Ramadan Mubarak", hanya saja perkataan ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Prancis. 

 

 

Reporter: Yohana Bellinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.