Sukses

10 Informasi Terbaru Soal Obat Virus Corona COVID-19 yang Perlu Diketahui

Pengembangan obat, vaksin maupun penangkal Virus Corona baru masih terus dikembangkan oleh para ahli di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Virus Corona COVID-19 masih terus menyebar secara luas di banyak negara di dunia. Namun, vaksin, obat serta penangkal yang tepat digunakan untuk melawan virus masih terus dikembangkan. 

Para ahli serta ilmuwan di seluruh dunia masih bekerja keras untuk menemukan formula yang tepat.

Kabar baiknya, beberapa dari mereka, seperti AS serta China telah memasuki tahap atau fase lanjut hingga pengujian kepada manusia terkait efektifitas vaksin Virus Corona. 

Selagi menunggu ketersediaan vaksin dan obat untuk mengobati penyakit ini, berikut adalah 10 informasi terbaru yang dilansir dari laman BBC, Rabu (22/4/2020), soal pengobatan penyakit Virus Corona COVID-19:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Sejauh apa usaha yang dilakukan untuk mendapatkan obat terbaik?

Lebih dari 150 obat yang berbeda sedang diteliti di seluruh dunia. Sebagian besar obat yang ada sedang diuji coba terhadap virus.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meluncurkan uji coba solidaritas yang bertujuan untuk menilai perawatan yang paling menjanjikan.

Selain itu, Inggris mengatakan percobaan pemulihannya adalah yang terbesar di dunia, dengan lebih dari 5.000 pasien telah ambil bagian.

Dan beberapa pusat penelitian di seluruh dunia berusaha untuk menggunakan darah korban sebagai pengobatan.

3 dari 11 halaman

2. Jenis obat apa yang mungkin bekerja?

Ada tiga pendekatan luas yang diselidiki:

  • Obat antivirus yang secara langsung memengaruhi kemampuan Virus Corona baru untuk berkembang di dalam tubuh.
  • Obat-obatan yang dapat menenangkan sistem kekebalan tubuh - pasien menjadi sakit parah ketika sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi berlebihan dan mulai menyebabkan kerusakan pada tubuh.
  • Antibodi, baik dari darah korban atau dibuat di laboratorium, dapat menyerang virus.
4 dari 11 halaman

3. Apa obat Virus Corona baru yang paling menjanjikan?

Bruce Aylward, dari Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan remdesivir adalah satu-satunya obat yang menunjukkan tanda-tanda efektivitas, setelah ia mengunjungi China.

Obat antivirus pada awalnya dirancang untuk mengobati Ebola, tetapi pilihan lain terbukti lebih efektif.

Sejak itu telah terbukti efektif dalam mengobati Virus Corona mematikan lainnya (sindrom pernafasan Timur Tengah dan sindrom pernafasan akut yang parah) dalam penelitian pada hewan, yang mengarah pada harapan itu juga akan efektif terhadap Virus Corona COVID-19.

Bocoran hasil uji coba yang dipimpin oleh Universitas Chicago juga menunjukkan obat itu efektif.

Ini adalah salah satu dari empat obat dalam uji Solidaritas WHO dan pabrikannya, Gilead, juga menyelenggarakan uji coba.

5 dari 11 halaman

4. Dapatkah obat HIV mengobati Virus Corona baru?

Ada banyak pembicaraan, tetapi sedikit bukti, bahwa sepasang obat HIV yaitu lopinavir dan ritonavir, akan efektif untuk mengobati Virus Corona baru.

Ada beberapa bukti bahwa mereka dapat bekerja di laboratorium, tetapi penelitian pada orang menunjukkan hasil yang mengecewakan.

Kombinasi ini tidak meningkatkan pemulihan, mengurangi kematian atau menurunkan tingkat virus pada pasien dengan COVID-19 yang serius.

Namun, karena percobaan dilakukan dengan pasien yang sakit parah (hampir seperempat meninggal) mungkin sudah terlambat dalam infeksi untuk obat untuk bekerja.

6 dari 11 halaman

5. Bisakah obat malaria menghentikan Virus Corona baru?

Obat-obatan malaria adalah bagian dari uji Solidaritas dan Pemulihan.

Chloroquine, dan turunan terkait, hydroxychloroquine, mungkin memiliki sifat antivirus dan penenang kekebalan tubuh.

Obat-obatan telah menjadi sorotan sebagai terapi Virus Corona baru yang potensial, sebagian besar karena klaim yang dibuat oleh Presiden Trump , tetapi masih ada sedikit bukti tentang efektivitasnya.

Hydroxychloroquine juga digunakan sebagai pengobatan untuk rheumatoid arthritis, karena dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Tes laboratorium menunjukkan itu dapat menghambat Virus Corona baru, dan ada beberapa bukti anekdotal dari dokter yang mengatakan itu membantu pasien.

Namun, WHO mengatakan tidak ada bukti definitif efektivitasnya.

7 dari 11 halaman

6. Bagaimana dengan obat imun?

Jika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap virus maka dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, tetapi terlalu banyak juga dapat menyebabkan kerusakan tambahan di seluruh tubuh dan bisa berakibat fatal.

Uji Solidaritas sedang menyelidiki interferon beta, yang digunakan untuk mengobati multiple sclerosis, dan menurunkan peradangan. Interferon adalah sekelompok bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh ketika diserang oleh virus.

Percobaan pemulihan di Inggris kini sedang menyelidiki deksametason, sejenis steroid yang digunakan untuk mengurangi peradangan.

8 dari 11 halaman

7. Bisakah darah korban yang selamat mengobati Virus Corona baru?

Orang yang selamat dari infeksi harus memiliki antibodi dalam darahnya yang dapat menyerang virus.

Idenya adalah Anda mengambil plasma darah (bagian yang mengandung antibodi) dan memberikannya kepada pasien yang sakit sebagai terapi.

AS telah merawat 500 pasien dengan apa yang dikenal sebagai "plasma pemulihan", dan negara-negara lain juga kini sedang terlibat.

9 dari 11 halaman

8. Berapa lama sampai kita memiliki obatnya?

Terlalu dini untuk mengetahui kapan kita memiliki obat yang dapat mengobati virus corona.

Namun, kita harus mulai mendapatkan hasil uji coba dalam beberapa bulan ke depan. Ini jauh lebih awal daripada yang akan kita ketahui jika vaksin (yang melindungi terhadap infeksi daripada mengobatinya) efektif.

Hal ini dikarenakan dokter sedang menguji obat yang telah dikembangkan dan diketahui cukup aman untuk digunakan, sedangkan para peneliti vaksin mulai dari awal.

Beberapa obat Virus Corona baru yang sama sekali baru dan eksperimental juga sedang diuji di laboratorium tetapi belum siap untuk tes pada manusia.

10 dari 11 halaman

9. Mengapa kita perlu obatnya?

Alasan jelas untuk menginginkan obatnya adalah bahwa tentu akan menyelamatkan nyawa, tetapi bisa juga memungkinkan beberapa tindakan lockdown untuk dicabut.

Memiliki pengobatan yang efektif pada dasarnya akan menjadikan Virus Corona baru menjadi penyakit yang lebih ringan.

Jika itu menghentikan orang-orang yang dirawat di rumah sakit dari kebutuhan ventilator, maka akan ada risiko lebih sedikit unit perawatan intensif kewalahan, sehingga kontrol pada kehidupan orang mungkin tidak perlu seketat itu.

11 dari 11 halaman

10. Jadi bagaimana cara dokter merawat pasien pada saat ini?

Jika Anda terinfeksi oleh Virus Corona baru, maka bagi kebanyakan orang itu akan ringan dan dapat diobati di rumah dengan tirah baring (bed rest), parasetamol dan banyak cairan.

Tetapi beberapa orang membutuhkan perawatan rumah sakit yang lebih intensif, yang melibatkan dukungan oksigen seperti ventilator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.