Sukses

Partai Demokrat dan Republik Satu Suara Soal Paket Bantuan Atasi Corona COVID-19

Otoritas di Amerika Serikat menyebut dana ini akan diperuntukkan bagi usaha kecil yang terdampak, rumah sakit dan peningkatan pengujian nasional selama pandemi Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington, D.C - Senat Amerika Serikat menyetujui paket bantuan dengan total biaya hampir setengah triliun dolar pada Selasa 21 April. Setelah melakukan pertemuan selama sepekan, Partai Demokrat dan Republik satu suara soal paket bantuan pada masyarakat yang terkena dampak Corona COVID-19.

Nantinya, dana ini akan diperuntukkan bagi usaha kecil yang terdampak, rumah sakit dan peningkatan pengujian nasional selama pandemi Virus Corona COVID-19.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (22/4/2020) cara ini dimaksudkan agar bisa menyelamatkan para pekerja dari dampak pandemi Corona COVID-19.

Suara yang diambil sudah bulat setelah selama seminggu lebih negosiasi antara partai Demokrat dan Republik di Gedung Putih berjalan.

Proses selanjutnya yaitu menuju ke DPR di mana pemungutan suara diprediksi akan terjadi pada Kamis besok.

Upaya ini adalah suntikan dana besar-besaran terbaru pemerintah untuk menopang ekonomi yang runtuh di tengah perjuangan AS untuk menahan pandemi yang telah menewaskan 43.000 orang Amerika dan menyebabkan sekitar 22 juta orang menganggur.

"Ini adalah paket bantuan yang bisa membantu secara signifikan," kata Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell.

Presiden Donald Trump meminta Kongres untuk segera mengirimi tagihan yang akan mendanai kembali 1,6 juta bisnis, sehingga dapat menandatanganinya menjadi undang-undang.

"Saya mendesak DPR untuk meloloskan RUU, dan mereka akan memberikan suara, saya kira, segera," kata Trump.

Akhir bulan lalu, dengan banyak toko dan restoran terpaksa tutup karena pandemi Corona COVID-19. Bank dibanjiri permintaan. Uang pun juga cepat habis.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Pendanaan

Pemerintah Amerika Serikat akan memberikan paket bantuan dengan total US$ 480 miliar. Angka ini sangat fantastis dan diperuntukkan pada sektor yang membutuhkan.

Bantuan ini akan mencakup, US$ 320 miliar untuk pendanaan usaha kecil. Sekitar US$ 75 miliar untuk rumah sakit dan US$ 25 miliar untuk memperluas pengujian virus corona, kata McConnell.

Pemerintah juga menyediakan US$ 60 miliar dalam pinjaman dan hibah pemulihan bencana, tambahnya.

"Kami telah mengambil langkah besar ke depan" dengan memberikan lebih banyak bantuan untuk usaha kecil dan rumah sakit, kata Senat Demokrat Chuck Schumer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.