Sukses

Dubes Ngurah Swajaya Terima Bantuan 3 Juta Masker dari Yayasan Temasek Singapura

Yayasan Temasek dari Singapura kembali mengirimkan bantuan berupa alat medis untuk Indonesia.

Liputan6.com, Singapura - KBRI Singapura memberikan apresiasi terhadap kerja sama yang telah terjalin dengan Yayasan Temasek Singapura dalam upaya bersama menanggulangi pandemik Virus Corona COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya setelah menerima 3 juta surgical mask secara simbolik melalui video conference antara KBRI Singapura dengan Yayasan Temasek, Pemda Kepulauan Riau, TNI dan Polri, seperti tertulis dalam rilis KBRI Singapura, ditulis Rabu (22/4/2020). 

Ada 3 juta masker yang akan dikirim dengan pesawat TNI untuk Kepulauan Riau, TNI dan Polri, masing-masing menerima 1 juta lembar masker.

Kerja sama yang telah terjalin membuahkan tidak hanya inisiatif bersama, tetapi juga bantuan yang telah disalurkan seperti 40.000 test kit berbasis RT PCR ke Jakarta, Bali, dan Batam, serta bantuan untuk petugas medis dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Di samping bantuan, Ngurah Swajaya juga mengapresiasi langkah Singapura melalui Yayasan Temasek dalam pengadaan kebutuhan dukungan nonmedis untuk pembangunan sarana karantina di Singapura yang dipesan dari Indonesia.

Hal ini memberikan dampak positif bagi kelangsungan beberapa industri di tanah air. Beberapa kerja sama lainnya, termasuk pengadaan kebutuhan Yayasan Temasek antara lain: Pembelian dipan dan kasur komplit dari Indonesia sebanyak 25 ribu set untuk kebutuhan berbagai fasilitas karantina darurat yang dibuka oleh Pemerintah Singapura; pembelian reusable masker (masker yang dapat dipakai ulang) dari Indonesia yang selain dipergunakan sendiri di Singapura, sebagian juga disumbangkan ke Indonesia dan negara ASEAN lainnya; menyumbangkan hand sanitizer dalam jumlah besar ke Indonesia; Menyumbangkan APD untuk dipergunakan oleh berbagai instansi di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama Penuhi Kebutuhan Alat Medis

Melalui kerja sama seperti ini, Ngurah Swajaya mengharapkan pemenuhan kebutuhan alat kesehatan bisa ditanggulangi melalui kerja sama yang memanfaatkan potensi masing-masing negara.

KBRI Singapura juga terus menawarkan pengadaan kebutuhan (non-medical essential) yang diperlukan Singapura serta menjajaki kerja sama memproduksi medical supply di Indonesia.

Melalui berbagai kerja sama tersebut, diharapkan akan ada kontribusi tidak hanya dalam penanggulangan COVID-19, tetapi juga untuk mendorong roda perekonomian berjalan, sesuai dengan kesepakatan para pemimpin negara-negara ASEAN dan G-20 yang didorong oleh Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.