Sukses

Pandemi Corona COVID-19, Kanguru Australia-Kambing Inggris Berkeliaran di Permukiman

Ketika manusia mungkin tinggal di rumah selama pandemi Virus Corona COVID-19, sejumlah hewan justru muncul ke permukiman warga. Seperti kanguru di Australia dan kambing dari Inggris berikut ini.

Liputan6.com, Melbourne - Pada Minggu 19 April 2020, di Adelaide Australia Selatan, seekor kanguru terlihat melompat-lompat melalui jalan-jalan sepi di pusat kota. Wilayah itu bukan kota kecil tapi kota pesisir yang berpenduduk lebih dari 1,2 juta orang, namun kini tengah dalam masa lockdown akibat Virus Corona COVID-19.

Kanguru itu terlihat oleh Polisi Australia Selatan di CCTV. Seorang juru bicara mengatakan marsupial itu lolos dari kecelakaan di jalan, sebelum menuju ke lahan parkir.

"Itu cukup unik," kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa kemungkinan kondisi sepi akibat lockdown karena Virus Corona baru Adelaide yang menarik perhatian si kanguru ke pusat kota.

Semua warga Australia diharuskan untuk tinggal di rumah kecuali untuk alasan penting, seperti membeli bahan makanan atau mencari perawatan medis. Pertemuan pun terbatas untuk dua orang di ruang publik, dan semua area luar ruangan umum, termasuk taman bermain, ditutup.

Aturan pembatasan ini sedang diterapkan di seluruh dunia karena pandemi Virus Corona baru, penutupan bisnis, langkah-langkah kerja jarak jauh dan pesanan tetap di rumah membuat orang-orang tak berada di jalanan.

Saksikan juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kambing di Inggris Berkeliaran

Sementara itu, di Provinsi Phuket Thailand, jumlah sarang penyu di beberapa pantai telah mencapai ketinggian tak biasa.

Pengawas Yayasan Kura-kura Laut Mai Khao, Kanokwan Homcha-ai, mengatakan pada hari Senin bahwa peningkatan kemungkinan akan terjadi karena lockdown diterapkan sejak bulan Maret

Phuket adalah pulau paling populer di Thailand, dan menjadi objek wisata utama. Kemudian menjadi hotspot untuk wabah Virus Corona jenis baru negara itu, kini tengah dalam lockdown ketat. Sekarang, para turis pergi dan jalan-jalan kosong - begitu pula pantai dan garis pantai.

Homcha-ai mengatakan tindakan pencegahan meluasnya Virus Corona baru dapat memiliki efek positif jangka panjang untuk spesies lain dan lingkungan, karena kehidupan laut memiliki lebih banyak waktu untuk regenerasi yang tidak terganggu oleh aktivitas manusia.

Dan di Wales Inggris pada akhir Maret, sekelompok kambing meninggalkan rumah mereka di Great Orme, dan berkeliaran di sekitar kota pesisir utara Llandudno.

Jalanan sepi setelah pembatasan baru pada gerakan sosial sepertinya membuat kawanan kambing gembira mengisi wilayah kosong dari manusia.

Video dan gambar yang dibagikan secara online menunjukkan kambing-kambing yang merumput di rumput dari halaman gereja, hamparan bunga, dan properti tempat tinggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.