Sukses

400 Pengungsi Rohingya Diselamatkan Usai 2 Bulan Telantar di Laut, 32 Tewas

Hampir 400 pengungsi Rohingya yang meninggalkan Bangladesh dengan kapal hampir dua bulan lalu telah diselamatkan, dengan kondisi mereka telantar di laut.

Liputan6.com, Dhaka - Hampir 400 pengungsi Rohingya yang meninggalkan Bangladesh dengan kapal hampir dua bulan lalu telah diselamatkan, dengan kondisi mereka telantar di laut, kata Penjaga Pantai Bangladesh, sambil membenarkan bahwa setidaknya 32 orang tewas dalam perjalanan itu.

Kelompok itu, yang sebagian besar terdiri dari wanita dan anak-anak, berangkat di Teluk Bengal menggunakan kapal pukat besar pada pertengahan Februari, kata jurubicara Penjaga Pantai Bangladesh Hamidul Islam kepada CNN, dikutip pada Minggu (19/4/2020).

Mereka mencoba mencapai Malaysia tetapi ditolak, katanya. Penyelamatan terjadi pada hari Rabu atau Kamis pekan ini.

Setidaknya 32 orang Rohingya tewas dan tubuh mereka dibuang ke laut, kata Islam, mengutip pernyataan dari para pengungsi yang diselamatkan.

"Kematian itu disebabkan beberapa sebab. Beberapa meninggal karena kekurangan makanan sementara beberapa lainnya karena berbagai penyakit," katanya.

Ketika kapal Rohingya itu mencapai pantai Malaysia, kapal itu dikembalikan oleh otoritas negara itu, kata Islam.

Kapal pukat yang penuh sesak itu kemudian melakukan perjalanan ke Myanmar dan mencoba masuk dua kali tetapi ditolak masuk oleh angkatan laut Myanmar, menurut Islam.

Penjaga pantai Malaysia belum menanggapi permintaan CNN untuk memberikan komentar pada Jumat 17 April 2020.

CNN juga menjangkau ke Kementerian Luar Negeri Myanmar dan kedutaan besarnya di Dhaka, ibukota Bangladesh, tetapi belum menerima tanggapan.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Bangladesh

Pihak berwenang Bangladesh menemukan kapal pukat itu di perairan teritorial negara mereka pada Rabu malam --setelah menghabiskan 58 hari di laut-- di lepas pantai distrik selatan Cox's Bazar.

Juru bicara itu, mengatakan para pengungsi yang diselamatkan, yang sebagian besar kelaparan dan dehidrasi, telah diserahkan ke Badan Pengungsi PBB (UNHCR) untuk dikarantina selama 14 hari, mengikuti protokol kesehatan standar saat ini di tengah masalah virus corona.

"Kami memahami pria, wanita, dan anak-anak ini berada di laut selama hampir dua bulan dalam kondisi menyedihkan dan banyak dari mereka yang kekurangan gizi dan mengalami dehidrasi," kata seorang pejabat badan pengungsi PBB di Bangladesh dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa para pengungsi turun dari kapal yang tertekan di dekat Teknaf pada Rabu, dekat dengan perbatasan dengan Myanmar.

"Kami mengirim staf ke lokasi pada hari Kamis dan mencari informasi lebih lanjut dari pihak berwenang setempat. Perhatian utama kami adalah kesehatan langsung masyarakat dan kebutuhan pertolongan pertama. LSM dan mitra di lapangan telah menyediakan makanan dan bantuan lainnya dalam semalam," pernyataan itu melanjutkan.

Pada awal April, Bangladesh memberlakukan pembatasan penguncian di distrik Cox's Bazaar, rumah bagi kamp-kamp pengungsi yang menampung sekitar 1 juta pengungsi Rohingya, dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pada 17 April, Bangladesh memiliki 2.144 kasus virus corona dengan 84 kematian, menurut Universitas Johns Hopkins.

Human Rights Watch mendesak Malaysia untuk mengizinkan para pengungsi Rohingya ke darat sambil memberlakukan sistem untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Pandemi virus corona hanya mengintensifkan kesengsaraan Rohingya yang terkurung di Myanmar dan di kamp-kamp di Bangladesh," kata Phil Robertson, wakil direktur Asia di Human Rights Watch.

"Pemerintah Malaysia dapat melindungi terhadap penyebaran virus dan memastikan bahwa mereka yang mempertaruhkan nyawa mereka di laut diselamatkan dan diberi kesempatan untuk mencari suaka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.