Sukses

Warga AS Protes Kebijakan di Rumah Saja Saat Corona COVID-19, Ekonomi Jadi Alasan

Para pengunjuk rasa berkumpul di beberapa ibukota negara bagian Amerika Serikat pekan ini untuk menyuarakan oposisi mereka terhadap perintah tinggal di rumah.

Liputan6.com, Lansing - Para pengunjuk rasa berkumpul di beberapa ibukota negara bagian Amerika Serikat pekan ini untuk menyuarakan oposisi mereka terhadap perintah tinggal di rumah yang dikeluarkan untuk memperlambat penyebaran virus corona baru.

Michigan, Ohio, Kentucky, Minnesota, North Carolina, dan Utah - negara bagian yang dipimpin oleh gubernur Partai Republik dan Demokrat - semuanya telah melihat protes dalam beberapa hari terakhir ketika orang-orang semakin khawatir tentang dampak ekonomi dari pandemi virus corona.

"Segmen kecil negara memprotes dan itu hak mereka," Gubernur Michigan Gretchen Whitmer, seorang Demokrat, mengatakan kepada CNN, dikutip pada Sabtu (18/4/2020).

Orang-orang menjadi "gila" di rumah, katanya, dan mereka khawatir membayar tagihan.

"Namun, bagian yang menyedihkan adalah semakin banyak mereka keluar dan semakin besar kemungkinan mereka menyebarkan COVID-19," kata Whitmer, "dan semakin besar kemungkinan kita harus mengambil kebijakan ini untuk suatu jangka waktu yang lebih lama."

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Protes di Michigan

Di Negara Bagian Michigan, memadati jalan-jalan ibu kota negara bagian pada hari Rabu dengan tetap berada di mobil mereka. Aksi, dijuluki "Operasi Gridlock" oleh organisasinya, mengepung Kota Lansing dengan lalu lintas bermil-mil.

"Saya menyadari betapa pentingnya virus ini, tetapi sekarang kita sampai pada titik di mana kita terlalu banyak lockdown," kata pengunjuk rasa Tom Hughey, yang mengatakan dia memiliki bisnis kecil dan bekerja untuk Ford Motor Company.

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer telah memperpanjang kebijakan tetap di rumah hingga 30 April. Ini termasuk pembatasan seperti melarang kebanyakan orang bepergian di antara tempat tinggal kecuali mereka mengurus kerabat atau mengantar anak.

Asosiasi Perawat Michigan mengeluarkan pernyataan yang menyebut protes itu "tidak bertanggung jawab."

 

3 dari 6 halaman

Minnesota

Beberapa pengunjuk rasa berkumpul pada Kamis 16 April di luar rumah Gubernur Minnesota di St. Paul untuk menyuarakan oposisi terhadap kebijakan tetap di rumah yang dicanangkan pemerintahan Gubernur Tim Walz, yang telah diperpanjang hingga 3 Mei.

Seorang juru bicara para pemrotes mengatakan kepada afiliasi CNN, WCCO bahwa mereka sedang berdemonstrasi karena orang-orang Minnesota menderita kemunduran keuangan dan depresi, di antara isu-isu lainnya.

Kelompok itu yakin penduduk dapat kembali bekerja sambil terus berjuang melawan virus corona, WCCO melaporkan.

"Gubernur telah mengatakan bahwa kita tidak dapat kehilangan demokrasi kita selama pandemi ini, dan ini meluas ke orang-orang yang menggunakan hak Amandemen Pertama mereka," kata kantor Walz dalam sebuah pernyataan.

"Kami meminta agar kesehatan dan keselamatan diri mereka sendiri, keluarga mereka, dan sesama warga Minnesotan agar mereka yang berdemonstrasi melakukan perilaku menjaga jarak sosial yang baik."

Walz sebelumnya menekankan bahwa memperluas pengujian dan penelusuran akan menjadi penting sebelum negara dapat dibuka kembali, dengan mengatakan keduanya harus dilakukan "dalam skala besar."

4 dari 6 halaman

Kentucky

Para pengunjuk rasa berdemonstrasi di ibukota Kentucky, Frankfort, di mana Gubernur Andy Beshear, seorang Demokrat, harus berbicara atas suara itu saat jumpa pers Rabu.

"Kami memiliki beberapa orang di sini di Kentucky hari ini, mengatakan kami harus segera membuka kembali Kentucky, sekarang," kata Beshear.

"Teman-teman, itu akan membunuh orang. Itu benar-benar akan membunuh orang."

Seorang pengunjuk rasa mengatakan kepada afiliasi CNN, WKYT bahwa dia setuju dengan tindakan Beshear pada awalnya, tetapi sejak itu berubah pikiran.

"Aku mengerti perlunya kehati-hatian," katanya, "tapi kurasa sudah lewat, kau tahu, sesuatu yang masuk akal."

Para pengunjuk rasa awalnya memperhatikan jarak sosial, berdiri di gedung DPR, menurut WKYT. Tapi hal itu kemudian diabaikan ketika mereka mulai berteriak yel-yel demo di luar ruangan di mana Beshear sedang memegang pengarahan berita.

"Banyak udara segar di sini. Kurasa aku tidak membahayakan siapa pun," kata wanita itu. "Saya pikir gubernur membahayakan banyak orang dengan tidak membiarkan keluarga bekerja."

 

5 dari 6 halaman

Utah

Satu kelompok memprotes di Washington County, tempat mereka mendeklarasikan pembatasan yang dilakukan oleh Gubernur Utah dari Partai Republik, Gary Herbert, menurut CNL, afiliasi CNN, Rabu.

"Pemerintah, di semua tingkatan, telah melampaui kewenangannya dalam permintaan mereka untuk 'melindungi' orang Amerika dari virus," Mary Burkett, seorang kandidat Partai Republik untuk distrik kongres ke-2 Utah yang berpartisipasi dalam demonstrasi itu, mengatakan dalam sebuah rilis berita.

"Warga Amerika sangat mampu memutuskan bagaimana cara terbaik melindungi diri mereka sendiri," tambahnya.

Menurut KSL, pengunjuk rasa diminta untuk mengikuti pedoman jarak sosial dan diarahkan untuk menunjukkan sebagai individu atau keluarga daripada dalam kelompok besar.

Demonstrasi, yang berasal dari sebuah grup Facebook bernama Utah Walk For Freedom, dimaksudkan untuk menuntut pembatasan negara bagian dan lokal dicabut "dengan tindakan pencegahan yang sesuai," kata halaman Facebook grup itu.

Herbert telah memperpanjang arahan negara bagian "Tetap Aman, Tetap di Rumah" hingga 1 Mei, dengan mengatakan itu berhasil.

"Kami tidak bisa menghentikan langkah-langkah ini," kata Herbert dalam rilis berita pekan lalu, menambahkan bahwa memperlambat penyebaran virus akan memungkinkan penduduk untuk "kembali bekerja dan ke tingkat normal lebih cepat."

 

6 dari 6 halaman

North Carolina dan Ohio

Sekelompok pemrotes berkumpul di Raleigh pada hari Selasa - sebuah demonstrasi yang secara langsung melanggar perintah eksekutif Gubernur Demokrat Roy Cooper, menurut Departemen Kepolisian Raleigh.

"Kami memiliki hak yang diberikan Tuhan yang dilanggar saat ini, seperti yang kita bicarakan, setiap hari bahwa negara ini tetap ditutup," Ashley Smith, seorang organisator dan pemilik bisnis, mengatakan kepada afiliasi CNN, WRAL.

Sementara di Columbus, Ohio, para demonstran juga berkumpul di luar gedung negara bagian, di mana mereka tidak sengaja mendengar selama pengarahan Gubernur Mike DeWine pada hari Senin, afiliasi CNN WSYX melaporkan.

Demonstran membawa tanda dan pengeras suara, meneriakkan, "Buka kembali Ohio," lapor WSYX.

DeWine, seorang Republikan, mengakui frustrasi para kritikus di Twitter Selasa, mengatakan, "Saya mengerti. Tapi itu tidak akan ada gunanya bagi bisnis dan karyawan jika kita salah. Jika kita salah, kita akan mengalami kekacauan medis dan kekacauan dalam perekonomian. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.