NASA Bakal Luncurkan Misi Berawak Perdana Sejak Hampir Satu Dekade

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 19 Apr 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2020, 09:00 WIB
Kapsul Dragon SpaceX
Perbesar
Kapsul Dragon CRS-18 SpaceX yang membawa persediaan untuk astronot NASA di stasiun ruang angkasa internasional (Foto: CNET)

Liputan6.com, Jakarta - NASA telah mengumumkan bahwa bulan depan akan meluncurkan misi berawak pertamanya dari wilayah AS sejak hampir 10 tahun.

Dilansir dari BBC, Sabtu (18/4/2020), roket dan pesawat ruang angkasa yang dibawanya akan lepas landas dari Florida Space Center Florida pada tanggal 27 Mei, membawa dua astronot ke International Space Station (ISS).

Baik roket dan pesawat ruang angkasa dikembangkan oleh perusahaan swasta SpaceX.

NASA telah menggunakan roket Rusia untuk penerbangan berawak sejak pesawat ulang-aliknya pensiun pada 2011.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Swasta Pertama

SpaceX Luncurkan 60 Satelit Starlink ke Orbit
Perbesar
Roket Falcon 9 lepas landas dari Space Launch Complex 40 di Florida's Cape Canaveral Air Force Station, Amerika Serikat, Kamis (23/5/2019). SpaceX meluncurkan satelit Starlink ke orbit setelah batal melakukannya pada minggu lalu lantaran gangguan angin kencang. (AP Foto John Raoux)

Jika berhasil, SpaceX yang dipimpin oleh pengusaha sekaligus miliarder Elon Musk ini akan menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim astronot NASA ke luar angkasa.

Roket Falcon Nine dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon akan lepas landas dari Pad 39A yang bersejarah di pusat ruang angkasa, yang sama digunakan untuk misi Apollo dan pesawat ulang-alik.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓