Sukses

Kasus Virus Corona Hampir Tembus 6 Ribu, Indonesia Terbanyak di ASEAN

Indonesia menjadi negara dengan kasus terbanyak di wilayah ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, kasus Virus Corona COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 5.923 dengan 520 kematian dan 607 yang dinyatakan sembuh.

Menurut pantauan Liputan6.com melalui worldometers.info, Indonesia telah menduduki posisi tertinggi untuk negara dengan kasus terbanyak di wilayah ASEAN. 

Selanjutnya, diikuti oleh Filipina (5.878 kasus), Malaysia (5.251 kasus), Singapura (5.050 kasus) dan Thailand (2.700 kasus). 

Sedangkan negara lainnya mengikuti dengan angka kasus yang lebih rendah seperti Vietnam (268 kasus), Brunei Darusallam (136 kasus), Kamboja (122 kasus), Myanmmar (88 kasus) dan Laos (19 kasus).

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Sedikit Tes

Menurut sumber data yang sama, Indonesia dapat dikatakan hanya melakukan sedikit tes walaupun kasus yang dikonfirmasi telah menjadi yang terbanyak di wilayah ASEAN. 

Sebagai perbandingan, untuk setiap satu juta populasi, Singapura telah melakukan 16.203 uji Corona COVID-19 sedangkan Indonesia hanya melakukan 136 pengujian. 

Dalam KTT ASEAN yang diadakan secara virtual beberapa waktu lalu, para pemimpin negara ASEAN telah menyerukan pentingnya kerja sama serta kekompakan dalam melawan pandemi ini.

Termasuk Presiden Jokowi, ia mendorong negara-negara ASEAN untuk bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi untuk melawan pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Kita tidak punya pilihan, kecuali menang melawan virus ini. Bersatu, bersinergi dan berkolaborasi adalah jawabannya," kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa (14/4/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.