Sukses

Kata Kemlu China Soal Tuduhan Virus Corona Berasal dari Lab di Wuhan

China mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa coronavirus dibuat atau bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan.

Liputan6.com, Beijing - China mengatakan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona baru dibuat atau bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan.

Pernyataan itu, pada 16 April 2020, muncul setelah Presiden AS Trump mengatakan pemerintahnya sedang menyelidiki apakah virus corona mematikan itu bermula di lab di pusat pandemi China.

Dalam sebuah konferensi pers harian, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menerima pertanyaan dari kantor berita Rusia RIA Novosti yang menanyakan; "Fox News melaporkan mengutip beberapa sumber bahwa virus corona baru bocor dari laboratorium (di Wuhan). Saya ingin tahu apa komentar China tentang publikasi ini?"

Zhao Lijian menjawab: "Posisi China sehubungan dengan asal dan rute transmisi virus corona baru sudah jelas. Ini adalah masalah sains yang harusnya kita andalkan hanya pada temuan ilmuwan dan pakar medis," jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Kemlu China fmprc.gov.cn pada 16 Maret 2020, dikutip pada Minggu (18/4/2020).

"Saya ingin mengingatkan Anda bahwa WHO telah berulang kali menyatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan virus itu dibuat di laboratorium (di Wuhan). Banyak spesialis medis terkenal di dunia juga menolak teori 'kebocoran laboratorium' karena sama sekali tidak berbasis sains."

"Penyakit menular adalah musuh umum manusia. Komunitas internasional hanya dapat mengalahkan mereka dengan upaya bersama. Tiongkok akan terus berdiri dalam solidaritas dan memberikan bantuan timbal balik dengan negara-negara lain untuk bersama-sama mengatasi pandemi ini.

Simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Media AS

Pekan ini, Washington Post dan Fox News, keduanya mengutip sumber-sumber anonim, menyuarakan keprihatinan bahwa virus corona baru SARS CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 mungkin datang --secara tidak sengaja-- dari pusat penelitian biologi sensitif di kota metropolitan Wuhan.

"Kami sedang melakukan investigasi penuh dari segala yang kami bisa untuk mempelajari bagaimana virus ini dapat menyebar, keluar ke dunia dan sekarang telah menciptakan begitu banyak tragedi - begitu banyak kematian - di sini di Amerika Serikat dan di seluruh dunia," Menlu AS Mike Pompeo mengatakan kepada Fox News, seperti dikutip dari AFP.

Dia tidak menolak laporan itu dan mengatakan bahwa Amerika Serikat tahu bahwa laboratorium Wuhan "mengandung bahan yang sangat menular."

"Di negara-negara yang terbuka dan transparan, mereka memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan menjaga mereka tetap aman dan mereka memungkinkan pengamat dari luar untuk memastikan semua proses dan prosedur berjalan dengan benar," kata Pompeo.

"Aku hanya berharap itu terjadi di tempat ini. Kita akan tahu lebih banyak tentang itu dan kita akan tahu lebih banyak tentang apa yang terjadi di sana, jika ada, hari ini."

Presiden AS Donald Trump, ditanya tentang teori 'kebocoran laboratorium' pada konferensi pers pada Rabu pekan ini, mengatakan bahwa "semakin banyak, kita mendengar cerita itu" dan bahwa Amerika Serikat "melakukan penyelidikan yang sangat teliti."

Trump, yang telah menghadapi banyak kritik di dalam negeri atas penanganan pandemi yang telah menewaskan lebih dari 30.000 orang di Amerika Serikat, telah berulang kali menyalahkan China dan Organisasi Kesehatan Dunia.

 

3 dari 3 halaman

Topik Populer

Asal usul virus corona baru adalah topik populer di media sosial, dengan teori konspirasi menyarankan itu adalah senjata biologis China dan pejabat Tiongkok membuat marah Washington dengan mengatakan bahwa pasukan AS mungkin membawanya ke Wuhan.

Baik Fox News maupun The Washington Post tidak mengatakan bahwa virus itu disengaja atau bahwa laboratorium ditentukan secara pasti sebagai sumbernya, AFP melaporkan.

Sebuah kolom oleh kolumnis Washington Post Josh Rogin mengatakan bahwa pejabat Kedutaan Besar AS mengunjungi Institut Virologi Wuhan dua tahun sebelum pandemi dan memperingatkan keselamatan yang tidak memadai di laboratorium, yang mempelajari kelelawar yang disalahkan karena virus corona SARS pada tahun 2003.

Fox News mengatakan bahwa "pasien zero" dalam pandemi baru mungkin telah terinfeksi oleh kelelawar di laboratorium dan masuk ke populasi di Wuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.