Sukses

Angka Kematian-Kasus Corona COVID-19 AS Tertinggi, Akibat Sistem Kesehatan Mahal?

Amerika Serikat kini telah menempati posisi teratas soal angka kasus dan kematian akibat Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington - Ketika Virus Corona COVID-19 kini telah menyebar ke seluruh AS, puluhan juta orang Amerika mungkin juga tidak mencari bantuan medis karena mereka tidak diasuransikan atau tidak memiliki dokumen. Kondisi ini kemudian menempatkan setiap orang dalam masyarakat pada risiko yang lebih besar.

Salah satu warga di sana, Sebastian misalnya yang menunjukkan tangannya dan memperlihatkan kulitnya yang kering dan pecah-pecah saat dicuci.

"Saya selalu terobsesi dengan mencuci tangan karena seiring saya tumbuh dewasa jika saya sakit, saya tidak akan dapat pergi ke dokter," katanya.

Menurut laporan BBC, Jumat (17/4/2020), Sebastian telah tinggal di AS sejak dia berusia tiga tahun, ia dibawa ke negara itu dari Meksiko oleh orang tuanya. Dia adalah salah satu dari sekitar 11 juta orang di negara itu yang "tidak memiliki dokumen".

Tidak ada kewarganegaraan AS untuknya berarti tidak ada asuransi kesehatan AS.

Bahkan dalam Undang-Undang Perawatan Terjangkau Barack Obama menyatakan sangat jelas bahwa imigran tidak terdaftar tidak termasuk (penduduk tetap dan mereka yang tinggal di AS dengan visa memenuhi syarat untuk membeli asuransi swasta).

"Aku tidak pernah pergi ke dokter, jika aku sakit, ibuku akan selalu berusaha mengobatinya di rumah, tapi aku ingat kadang-kadang sakit parah dan kehilangan banyak waktu sekolah," kata Sebastian.

Ketika kasus Virus Corona COVID-19 pertama telah dikonfirmasi di wilayahnya, Sebastian mengatakan bahwa sementara keluarganya telah melihat semua berita tentang virus, realitas mereka tetap sama.

"Tidak berdokumen seperti kami, sulit untuk mendapatkan perhatian medis. Ada aspek menghadirkan diri Anda ke sistem hukum di fasilitas medis dan berisiko deportasi," katanya.

"Keluargaku mungkin bukan penjahat, tetapi mereka benar-benar tidak berdokumen dan melihat dokter membuat mereka takut."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biaya Mahal

Untuk semua orang di AS, terlepas mereka berdokumen atau tidak, ada juga biaya besar yang terlibat bahkan hanya untuk mengunjungi dokter.

Lebih dari 27 juta orang di Amerika tidak memiliki asuransi kesehatan sama sekali, suatu jumlah yang telah tumbuh secara dramatis selama masa kepresidenan Trump.

Konsultasi dengan dokter untuk seseorang tanpa asuransi membutuhkan biaya hingga atusan dolar.

Tetapi ada puluhan juta lebih yang digolongkan sebagai "underinsured" - memiliki asuransi dasar yang seringkali hanya mencakup sebagian kecil dari biaya setiap pemeriksaan atau perawatan.

"Selama musim flu kita sering sakit, tetapi membawa anak-anak saya untuk mengunjungi dokter anak menelan biaya $ 100 untuk setiap kunjungan hanya untuk cek," kata Lisa Rubio (28) yang memiliki asuransi kesehatan dasar melalui majikannya.

"Saya mulai dengan batuk dan sakit tenggorokan seminggu yang lalu, tetapi jika dokter mengatakan kepada saya mereka tidak dapat meresepkan apa pun, itu hanya virus, saya harus memutuskan apakah layak untuk mengambil uang dari tagihan saya mengingat banyaknya kebutuhan lain. "

3 dari 3 halaman

Tak Ada Cuti Berbayar

Sementara petugas kesehatan masyarakat adalah salah satu kelompok dengan risiko infeksi tertinggi, mereka juga jatuh dalam masalah sistemik lain di AS di bawah sorotan selama krisis ini, yaitu fakta bahwa tidak ada persyaratan bagi majikan Amerika untuk menawarkan cuti sakit berbayar.

"Saya benar-benar khawatir untuk pasien saya yang tidak dapat mengambil cuti kerja untuk datang dan mendapatkan perawatan dan siapa yang akan pergi bekerja bahkan ketika mereka sakit karena mereka tidak memiliki cara lain untuk membayar makanan dan keperluan mereka. Virus Corona tidak ubah itu, "kata Dr Ravi Grivois-Shah.

Dr Grivois-Shah adalah direktur klinik kesehatan keliling yang dijalankan atas sumbangan amal. Berkendara di sekitar Tucson, klinik tersebut merawat sekitar 50 pasien per minggu yang biasanya tidak dapat mengakses perawatan medis apa pun.

Tetapi Dr Grivois-Shah mengakui bahwa itu hanya setetes air di lautan luas kebutuhan di masyarakat.

"Setiap saat kami menjumpai pasien yang menjalani kehamilan tanpa mencari perawatan, atau orang yang selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun tidak bisa mendapatkan perawatan, diagnosis dan perawatan untuk rasa sakit atau penyakit kronis mereka," katanya.

Dr Grivois-Shah mengatakan bahwa bahkan sebelum Virus Corona, sejumlah besar pasien yang tidak terdiagnosis HIV atau infeksi menular seksual lainnya hanyalah satu contoh krisis kesehatan masyarakat yang diperburuk karena begitu banyak yang tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan.

"Saya belum melihat bukti bahwa ada sesuatu yang akan berbeda dengan Virus Corona baru," katanya lantaran tidak yakin dengan janji-janji dari Washington.

"Selama beberapa dekade, kami baik-baik saja sebagai masyarakat yang mengetahui bahwa ada begitu banyak di komunitas kami yang tidak diasuransikan, kurang diasuransikan, tidak berdokumen dan tidak dapat mengambil cuti sakit," katanya.

"Orang-orang ini tanpa akses ke perawatan akan menjadi lebih sakit, akan menyebarkan penyakit lebih sering karena mereka tidak mendapatkan perawatan atau isolasi, atau didiagnosis dan dirawat. Dan kita akan membayar harga untuk kesehatan masyarakat," tambahnya lagi

Saat virus ini menyebar ke berbagai negara, Virus Corona telah menunjukkan kelemahan sistemik terlebih di sektor kesehatan. 

Di China, hal tersebut menjadi suatu akses kebebasan informasi, sedangkan di AS itu adalah perbedaan besar dalam cara orang diperlakukan tergantung pada keadaan ekonomi dan status imigrasi mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.