Sukses

Trump Rilis Pedoman Akhiri Aturan Pembatasan AS Terkait Pandemi Corona COVID-19

Presiden Donald Trump telah merilis panduan tahapan untuk mengakhiri pembatasan wilayah di Amerika Serikat akibat Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington - Presiden AS Donald Trump telah mengusulkan pedoman pada Kamis 16 April, di mana gubernur negara bagian AS dapat bertindak untuk menghidupkan kembali ekonomi AS dari penutupannya akibat Virus Corona COVID-19 dalam proses yang terdiri dari tiga tahapan. 

Berbicara dalam briefing hariannya tentang Virus Corona baru, Trump berpendapat bahwa penutupan yang berkepanjangan bisa sangat berbahaya bagi ekonomi dan masyarakat AS.

 "Kami tidak membuka sekaligus, tetapi satu langkah hati-hati," kata Trump kepada wartawan, tanpa dirinya memberikan rincian tentang pedomannya, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (17/4/2020). 

"Penguncian yang berkepanjangan dikombinasikan dengan depresi ekonomi yang dipaksakan akan menimbulkan banyak sekali dan sangat besar pada kesehatan masyarakat," kata Trump, menambahkan itu dapat menyebabkan "peningkatan tajam dalam penyalahgunaan narkoba, penyalahgunaan alkohol, bunuh diri, penyakit jantung."

Pedoman federal yang baru merekomendasikan bahwa negara bagian merekam "lintasan ke bawah" selama 14 hari dalam COVID-19 kasus sebelum memulai proses pembukaan kembali dalam tiga fase.

Dokumen tersebut menjabarkan rencana Trump untuk membuka bisnis di negara-negara bagian di seluruh negeri yang telah dirusak oleh pandemi dan dampak ekonominya, meskipun tanggung jawab untuk keputusan semacam itu ada pada otoritas negara, bukan federal.

Sebelum negara dibuka kembali, rumah sakit harus memiliki "program pengujian yang kuat" yang mencakup pengujian antibodi untuk petugas kesehatan, kata pedoman itu.

Negara-negara harus memiliki kemampuan untuk mengatur tempat-tempat penyaringan dan pengujian untuk orang-orang dengan gejala-gejala dan juga kemampuan pelacakan kontak, serta fasilitas-fasilitas perawatan kesehatan harus dapat menyediakan alat pelindung diri secara mandiri dan menangani lonjakan jika kasus COVID-19 meningkat lagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sesuai Kebijakan Gubernur

Dokumen tersebut mengatakan, bahwa ekomendasi itu "dapat diterapkan atas dasar negara bagian atau county-by-county sesuai kebijakan gubernur."

Trump telah bergulat dengan gubernur tentang siapa yang memiliki wewenang tertinggi untuk mengamanatkan pembukaan kembali ekonomi negara.

Pada fase pertama pembukaan kembali, pedoman mengatakan kelompok lebih dari 10 orang harus dihindari jika tindakan jarak yang tepat tidak praktis. Perjalanan yang tidak penting harus diminimalkan, pekerjaan kantor harus didorong, dan area umum di kantor ditutup.

Sekolah tetap ditutup pada fase 1, tetapi tempat-tempat besar seperti bioskop, restoran, stadion, dan tempat ibadah dapat dibuka dengan "protokol jarak fisik yang ketat."

Rumah sakit, yang telah terpukul keras oleh krisis kesehatan, dapat melanjutkan operasi elektif, yang sangat penting untuk aliran pendapatan mereka, dan gimnasium dapat membuka kembali dengan protokol baru. Bar-bar harus tetap ditutup dalam tahap ini.

Pada fase kedua, berlaku untuk negara bagian dan wilayah dengan "tidak ada bukti rebound" dalam kasus Virus Corona baru, pedoman merekomendasikan kelompok lebih dari 50 harus dihindari di mana jarak sosial tidak praktis. 

Perjalanan yang tidak penting dapat dilanjutkan pada periode ini, sementara sekolah dan kamp-kamp pemuda dapat berkumpul kembali.

Fase tiga mencakup penempatan staf di tempat kerja yang tidak terbatas.

Seorang pejabat Gedung Putih menggambarkan pedoman itu sebagai konservatif dan mencatat bahwa mereka telah disetujui oleh para dokter top di gugus tugas Virus Corona baru presiden.

Trump mendorong untuk membuat ekonomi AS berjalan lagi setelah penutupan akibat pandemi menyebabkan jutaan orang Amerika menganggur. 

3 dari 3 halaman

Meningkatnya Pengangguran

Lebih dari 20 juta orang telah menjadi pengangguran di AS dalam sebulan terakhir dan lebih dari 90 persen masyarakat negara itu berada di bawah perintah tinggal di rumah.

Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa beberapa negara dengan jumlah infeksi yang rendah akan siap untuk memulai kembali kegiatan ekonomi lebih cepat daripada yang terpukul oleh virus yang sangat menular.

Pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa setiap gubernur akan dapat melihat rekomendasi sebagai panduan.

Mereka (panduan) berlapis-lapis," kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa mereka disetujui oleh para pakar medis di gugus tugas Virus Corona Gedung Putih: pakar penyakit menular Anthony Fauci, koordinator satuan tugas Deborah Birx dan Robert Redfield, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.